Jarang Disadari, Ini 5 Efek Bahaya Kurang Tidur

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 4 Sep 2022 14:12 WIB

Jarang Disadari, Ini 5 Efek Bahaya Kurang Tidur


 Ilustrasi tidur. (Freepik/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi tidur. (Freepik/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur malam 7 sampai 9 jam. Dengan cara tidur yang cukup dan nyenyak, maka kamu dapat memelihara kesehatan fisik, emosional, dan mental. Nah, kurang tidur tidak bisa dianggap sepele, hal ini sama pentingnya dengan kebutuhan makan dan minum bagi tubuh.  Dilansir Your Say Suara.com dari thenaturalsleep.co dan emedihealth.com, berikut ini beberapa efek berbahaya kurang tidur yang mungkin dialami dalam jangka waktu lama:

Sulit Berkonsentrasi 

Kamu pasti pernah mengalami kesulitan berkonsentrasi setelah terjaga semalaman. Ketika mencoba fokus, yang ada di pikiranmu hanyalah keinginan untuk tidur. Hal ini karena saat kurang tidur, proses kognitif yang digunakan dalam banyak hal dapat terganggu. Proses ini mencakup perhatian, kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Jadi ketika lelah, sulit untuk tetap waspada dan berkonsentrasi pada tugas sehari-hari.

Mempengaruhi Penambahan Berat Badan

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi berat badan, salah satunya jam tidur yang berantakan dan tidak tercukupi. Ketika siklus bangun-tidur yang dibentuk secara teratur terganggu, ikut memengaruhi rasa lapar dan nafsu makan. Karena saat kurang tidur, hormon yang memicu rasa lapar akan diproduksi, sedangkan hormon penekan nafsu makan tidak diproduksi. Inilah yang membuatmu terus merasa lapar hingga sulit mengontrol nafsu makan, pada akhirnya dapat menyebabkan obesitas.

Melemahkan Kekebalan

Efek buruk kurang tidur selanjutnya adalah melemahkan kekebalan. Tidur yang cukup membantu sistem kekebalan membangun kekuatannya. Namun, jika kurang tidur, ini hanya akan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan dapat berefek pada lamanya waktu pulih dari suatu penyakit.

Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Ketika gagal tidur nyenyak, tubuh tidak punya waktu untuk memulihkan diri dari kelelahan setelah seharian beraktivitas. Tubuh yang berada dalam keadaan terus aktif, justru akan memberikan tekanan tanpa henti pada jantung yang dapat menyebabkan kerusakan kardiovaskular. Jika hal ini terjadi terlalu sering, memungkinkan tubuh terkena penyakit gagal jantung atau penyakit berbahaya lainnya.

Memengaruhi Penampilan

Tidak hanya berdampak pada kesehatan, kurang tidur juga memengaruhi penampilanmu. Satu malam tanpa tidur saja bisa membuat kantung mata menghitam, mata memerah, dan kulit pucat. Jika berlangsung dalam jangka panjang, dapat mengganggu elastis kulit sehingga gampang muncul kerutan. Saat tingkat stres meningkat karena kelelahan, wajah akan rentan ditumbuhi jerawat.***

 
Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

2 Desember 2022 - 10:59 WIB

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul
Trending di Kesehatan