Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiKata Megawati Soal Harga BBM: Kalau Tidak Dinaikan Situasi Lebih Sulit

Kata Megawati Soal Harga BBM: Kalau Tidak Dinaikan Situasi Lebih Sulit

Bogordaily.net  Megawati Soekarnoputeri buka suara soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak () yang kini menuai protes di mana-mana. Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP Partai PDIP itu pun mengajak masyarakat publik memahami keputusan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Megawati, ia sudah mencoba mempelajari situasi dan menilai kenaikan harga itu sebenarnya sudah sangat jelas.

“Sampai Menteri Keuangan sendiri sudah turun untuk menjelaskan alasannya, bahwa sebenarnya masalah itu, kalau kita pelajari dengan baik, memang ya itu malah memberikan sebuah kesempatan. Bagaimanapun juga kita kan tak bisa (mempertahankan harga lama),” kata Megawati di sela ‘Jeju Peace Forum' di Kota Jeju, Seoul, Korea Selatan, Kamis, 15 September 2022 sebagaimana dilansir Suara.com.

“Kalau nanti tidak dinaikan, lalu situasi kondisinya malah menjadi lebih sulit, lalu bagaimana?” sambungnya.

Megawati juga mengatakan, kebijakan menaikan dilakukan Jokowi bukan perkara yang mudah. Ia sadar betul, kebijakan itu pasti akan berefek ke PDIP selaku pengusung Jokowi.

“Ini bukannya karena kebetulan presiden, Pak Jokowi itu adalah presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan ya. Saya tahu juga nanti bisa sampai dibawa-bawa urusan PDI Perjuangannya. Tapi situasi ini kan tentunya tidaklah begitu gampang, tidak asal-asalan saja dinaikkan ,” jelasnya

Megawati mengaku, kadang masih merasa heran masih ada saja pihak memang tidak mau berusaha mengerti dengan kondisi yang ada, hal itu memperhatinkan.

Padahal, kata dia, kondisi saat ini memang berat karena Indonesia dan dunia belum benar-benar keluar dari pandemi Covid-19. Sehingga pendanaan untuk Covid-19 tidak bisa begitu saja dialihkan demi menambah subsidi .

“Jadi jangan justru dibalik ya bahwa memang Covid ini juga seperti sebuah pertimbangan yang tidak mudah, apakah dilepas saja? Tapi kan nanti (kalau dilepas), yang kena juga rakyat, artinya kan bisa makin banyak yang menderita. Kan begitu antara lain pertimbangan-pertimbangannya,” ungkapnya.

“Jadi saya berharap masyarakat jangan selalu mengambil sebuah pengertian itu langsung membelah begitu,” sambungnya.

Seperti diketahui, bersubsidi seperti Pertalite mengalami kenaikan dari harga Rp7.650 per liter menjadi Rp10.000 per liter. Solar subsidi dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. Selain itu, Pertamax non subsidi juga alami penyesuaian harga yakni dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Kenaikan harga tersebut pun direspons dengan aksi demonstrasi yang dilakukan di berbagai kota yang ada di Indonesia. Massa dari sejumlah elemen, mulai serikat buruh hingga mahasiswa dan pelajar menyerukan untuk menolak kenaikan .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here