Kebiasaan Keuangan Buruk yang Bikin Akhir Bulan Merana

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Ekonomi ยท 14 Sep 2022 14:57 WIB

Kebiasaan Keuangan Buruk yang Bikin Akhir Bulan Merana


 Kebiasaan Keuangan Buruk yang Bikin Akhir Bulan Merana Perbesar

Bogordaily.net – Akhir bulan yang terkesan melarat karena cuma bisa mengandalkan mi instan itu bukan mitos, guys! Nyatanya, memang banyak orang yang sering mengalami akhir bulan yang mencekik dan meresahkan.

Kamu pasti tahu kondisi tersebut sering disebabkan oleh kebiasaan keuangan yang buruk, tapi sayangnya kesalahan tersebut masih sering dilakukan. Cara pertama untuk membebaskan akhir bulan yang kelam sudah pasti adalah memperbaiki kebiasaan keuangan yang buruk.

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang perlu kamu sadari secepatnya biar akhir bulan nggak selalu kelam.

1. Tidak Mencatat Pengeluaran

Meski terdengar sepele, membuat catatan pengeluaran nyatanya ampuh untuk mengontrol keuangan agar tetap sehat. Baik itu besar maupun kecil, kamu perlu mencatat setiap pengeluaran secara harian.

Kebiasaan ini akan membantumu mengetahui pengeluaran apa saja yang membuat keuanganmu ‘bocor’, sehingga dapat mengevaluasinya pada bulan-bulan berikutnya.

2. Tidak melakukan pembagian

Pada saat pertama kali dapat gaji atau uang bulanan dari orangtua, kamu nggak boleh langsung sumringah. Kamu harus langsung melakukan pembagian, misalnya untuk kebutuhan primer seperti makan sehari-hari, ongkos, biaya kontrakan, dan sebagainya. Selanjutnya, pisahkan untuk membayar utang atau cicilan jika ada.

Kemudian, pisahkan lagi untuk menabung dan investasi. Jika bisa, pisahkan lagi untuk amal atau sosial. Jika masih ada sisa, baru kamu gunakan untuk senang-senang.

3. Kalap Saat Belanja Online

Saat di rumah saja, kebiasaan membuka situs e-commerce memang cenderung lebih sering dilakukan dan bikin kalap. Terlebih jika melihat berbagai promo dan diskon yang ditawarkan, kamu pun akan lebih tergoda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu penting.

4. Tidak Membawa Catatan Saat Belanja Bulanan

Kebiasaan boros lain yang sering tidak disadari adalah berbelanja di swalayan tanpa membawa catatan belanja.

Meski terdengar sepele, membawa catatan belanja bisa menghindarkanmu dari lapar mata, maupun godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

5. Sulit menabung

Sebetulnya, tidak ada alasan untuk sulit menabung. Kamu harus memaksakan diri untuk menabung secara konsisten.

Menabung bisa melatih kamu menjadi lebih sabar dalam menahan keinginan serta membuat kamu lebih terlatih untuk memilah-milah mana yang prioritas dan mana yang sekadar keinginan.

6 Malas mencatat keuangan

Bagian ini memang terlihat sangat sulit, apalagi buat orang yang tidak terbiasa mencatat keuangan. Pasalnya, mencatat keuangan perlu dilakukan setiap hari dan konsisten. Satu hari saja kamu lupa mencatat, catatan keuangan kamu bisa menjadi tidak sama dengan kondisi keuangan. Meskipun sulit, nyatanya, mencatat keuangan efektif membuat kamu jadi sadar kalau sudah hedon. Dengan begitu, goal-goal kamu bisa lebih mudah dicapai.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Naik Lagi! Catat Ini Harga Emas Antam 24 Karat Hari Ini Sabtu, 3 Desember 2022

3 Desember 2022 - 11:54 WIB

harga emas 3 Desember

MenKopUKM Pastikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut Siap Beroperasi Segera

3 Desember 2022 - 09:40 WIB

pabrik makan minyak merah

MenKopUKM: Masyarakat Deli Serdang Bisa Manfaatkan Program Solusi Nelayan Mulai Desember 2022

2 Desember 2022 - 22:36 WIB

Bawa UMKM Indonesia Mendunia, BRI Selenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022

2 Desember 2022 - 16:19 WIB

Forum Kemitraan BUMN dan UKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Mencapai Rp 224,8 miliar

2 Desember 2022 - 16:06 WIB

BRI Fokus pada Isu Inklusi Keuangan, Menteri BUMN Erick Thohir Apresiasi Peran BUMN Sukseskan Presidensi G20

2 Desember 2022 - 11:15 WIB

Trending di Ekonomi