Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorKegiatan Rutin, RS Azra dan Palang Merah Indonesia Gelar Donor Darah

Kegiatan Rutin, RS Azra dan Palang Merah Indonesia Gelar Donor Darah

Bogordaily.net–  Rumah Sakit (RS) Azra kembali menggelar kegiatan rutin bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Rabu, 21 September 2022. Kegiatan ini berlangsung di Gedung B Ruangan Training Center Lantai 1 RS Azra di Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai itu memperoleh 60 kantong darah. Berdasarkan rilis yang diterima Bogordaily.net, kegiatan di RS Azra biasanya dilakukan setiap tiga bulan sekali. Kegiatan juga dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan bagi petugas dari PMI, RS Azra, maupun pendonor.

kali ini didominasi pesertanya oleh karyawan RS Azra karena dilakukan saat hari biasa/weekday. Ada sekitar 62 peserta yang daftar,” tulis keterangan yang diterima Bogordaily.net, Kamis, 22 September 2022.

Sebelum dilakukan dilakukan skirining terlebih dahulu oleh petugas PMI sehingga tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah.

RS Azra kembali menggelar bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).(Dok. RS Azra/Bogordaily.net)

“Semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Total peserta yang mendaftar ada 62 peserta namun yang berhasil lolos untuk ada 56 peserta,” sambungnya.

Sementara itu merupakan salah satu kegiatan sosial yang tidak hanya bermanfaat untuk membantu orang lain yang membutuhkan transfuse darah tetapi juga untuk pendonor itu sendiri.

Ada beberapa manfaat bagi penerima dan pendonor salah satu di antaranya adalah bagi penerima bisa menyelamatkan tiga nyawa, membantu korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah dan sebagainya. Sedangkan bagi pendonor manfaatnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan sebagainya.

Kegiatan yang berlangsung, Rabu, 21 September 2022.(Dok. RS Azra/Bogordaily.net)

Akan tetapi tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah, semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Serta bagi penerima donor apakah darah yang didonorkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Beberapa penyebab belum berhasil lolos untuk yaitu HB rendah/tinggi, tekanan darah rendah, dan beberapa alasan lainnya.

Kegiatan donor darah yang rutin dilakukan oleh RS Azra dengan PMI Bogor. Panitia pun selalu menginformasikan jenis darah yang dibutuhkan dalam kegiatan donor darah. Kali ini semua jenis darah (A, B, AB dan O) dipersilahkan untuk mendonorkan darah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here