Tuesday, 30 April 2024
HomeKota BogorKelurahan Rancamaya Masuki Zero ODF, FK LPM Bogor Selatan Lakukan Intervensi

Kelurahan Rancamaya Masuki Zero ODF, FK LPM Bogor Selatan Lakukan Intervensi

Bogordaily.net, Kecamatan Bogor Selatan diproyeksikan sebagai daerah ODF (Open Defecation Free). Hal itu dilakukan agar warga tidak sembarangan.

Guna terwujudnya realisasi program ODF, pihak FK LPM Kecamatan Bogor Selatan melakukan intervensi pembangunan septic-tank individu untuk empat Kepala Keluarga (KK) dalam rangka percepatan program ODF di wilayah Kelurhaan Rancamaya.

Ketua FK LPM Bogor Selatan, Rudi Yuniardi mengatakan, dalam percepatan program ODF di yang jadi proyeksi masuk kedalam zero ODF, saat ini sudah dibangun satu septic-tank untuk kapasitas empat Kepala Keluarga (KK) di RT 02, RW 01.

Total di wilayah saat ini tersisa tinggal 70 Kepala Keluarga yang masih BAB sembarangan, dan jumlah KK di Keluraham Rancamaya sudah semuanya menjalankam program ODF.

“Jadi, ini sudah mendekati zero bebas BAB di masing masing rumah Kepala Keluarga. Kita terus lakukan intervensi agar seluruh rumah-rumah warga memiliki septic-tank individu,” ucap Rudi ketika ditemui di lokasi pada Kamis 22 September 2022.

Lanjut Rudi, bantuan yang diberikan berbentuk pembangunan septic-tank individu dan kamar mandi yang masih berlanjut, Jumlah yang dibangun satu septic-tank individu dengan kapasitas 4 kubik untuk 4 KK berisi 16 jiwa, dirumah milik Nasir di RT 02, RW 01.

“Dengan dibangunnya septic-tank, diharapkan warga tidak BAB sembarangan. Kedepan, untuk pembangunan septic-tank individu ataupun comunal, semoga bisa dibangun menggunakan dana CSR, dalam rangka percepatan zero ODF di ,” harapnya.

Ditempat terpisah, Camat Bogor Selatan, Hidayatullah mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk tidak buang air sembarangan dan membangun septic-tank.

Untuk memang jadi proyeksi program ODF, dari 80 an titik di pemukiman warga, saat ini tinggal 70 titik yang belum memiliki septic-tank.

“Program itu akan dilanjutkan baik pembangunan septic-tank comunal atau individu yang dibantu oleh dana CSR BUMD Kota Bogor, kepada rumah-rumah warga yang belum memiliki septic-tank. Kami juga mengapresiasi perhatian dan intervensi dari PK LPM Bogor Selatan yang mendukung penuh realisasi perwujudan program ODF ini,” pungkasnya.

(Ibnu/Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here