Kembangkan Kompetensi, 6 Dosen STAI Al-Hidayah Ikuti TOT

Menu

Mode Gelap
Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia Ramalan Cuaca Kota Bogor Hari Ini, Rabu 7 November 2022

Kota Bogor ยท 8 Sep 2022 12:10 WIB

Kembangkan Kompetensi, 6 Dosen STAI Al-Hidayah Ikuti TOT


 6 Dosen Program Studi Perbankan Syariah STAI Al-Hidayah Bogor mengikuti Training of Trainers (TOT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, pada 7-8 September 2022 bertempat di Grand Tjokro Hotel, Bandung. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

6 Dosen Program Studi Perbankan Syariah STAI Al-Hidayah Bogor mengikuti Training of Trainers (TOT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, pada 7-8 September 2022 bertempat di Grand Tjokro Hotel, Bandung. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Dalam rangka mengembangkan kompetensi, Program Studi Perbankan Syariah, STAI Al-Hidayah Bogor mengutus enam Dosen untuk mengikuti Training of Trainers (TOT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, pada 7-8 September 2022 bertempat di Grand Tjokro Hotel, Bandung.

Training TOT tersebut digelar dengan topik “Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah (asuransi syariah dan pembiayaan syariah)”

Dalam acara tersebut peserta diklasifikasikan menjadi 4 kelas dengan harapan, materi dari narasumber dapat terserap secara optimal oleh peserta seperti pemaparan :

1. Ragam Perasuransian Syariah di Indonesia oleh Bpk. Edi Yoga Prasetyo dari AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia)

2. Penerapan Fatwa dan Prinsip Syariah pada Perusahaan Asuransi Syariah oleh Bpk. Ir. H. Agus Haryadi, A.A.A.I.J., F.I.I.S., A.S.A.I dari DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia)

3. Perizinan, Tata Kelola dan Produk Asuransi Syariah oleh Ibu Nurhasanah dan Damara dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

4. Pengawasan Berbasis Resiko pada Asuransi Syariah oleh Mohammad Amin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

5. Skema Bisnis dan Kelembagaan Pembiayaan Syariah oleh Bpk. Arry Cahyono dari APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia)

6. Penerapan Fatwa dan Prinsip Syariah pada Perusahaan Pembiayaan Syariah oleh Bpk. Prof. Dr. Jaih Mubarok, S.E., M.H dari DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia)

7. Perizinan dan Tata Kelola Industri Pembiayaan Syaria oleh Ibu Anita Primadani dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

8. Pengawasan Berbasis Resiko pada Pembiayaan Syariah oleh Bpk. Muhammad Fathoni dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Berdasarkan pemaparan Direktorat IKNB Syariah pada pembukaan acara disampaikan bahwa, tingkat literasi inklusi keuangan syariah berada pada 8,93% dan literasi keuangan syariah berada pada 9,10% secara nasional pada tahun 2019.

Lanjutnya, maka perlu didorong oleh kalangan akademisi baik dosen maupun mahasiswa dari perguruan tinggi termasuk STAI Al-Hidayah Bogor dan masyarakat, agar keuangan syariah nasional dapat mendominasi serta meningkatkan market share IKNB Syariah yang pada tahun 2022 masih 4,26 % terhadap Keuangan Nasional.***

 
Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

MPM UIKA Gelar Dialog Kebangsaan Bersama Perumda Tirta Pakuan

7 Desember 2022 - 19:51 WIB

Pekan HAM, Kecamatan Tanah Sareal Rangkul Kaum Marjinal dan Anak Jalanan

7 Desember 2022 - 18:19 WIB

Pengadilan Agama Bogor Didemo Pemuda Nasionalis Terkait Mafia Tanah

7 Desember 2022 - 15:53 WIB

Pengadilan Agama Bogor Didemo Pemuda Nasionalis Terkait Mafia Tanah

Pasca Bom Bunuh Diri di Bandung, Polresta Bogor Kota Perketat Keamanan di Polsek

7 Desember 2022 - 14:24 WIB

bom bunuh diri bandung

Komisi IV Dorong Disnaker Hadirkan Pelatihan Kerja untuk Disabilitas

7 Desember 2022 - 13:13 WIB

pelatihan kerja disabilitas

Wapalapa Unpak, Berikan Trauma Healing kepada Anak-Anak Korban Gempa Cianjur

7 Desember 2022 - 13:06 WIB

Trauma Gempa cianjur
Trending di Kota Bogor