Kembangkan Kompetensi, 6 Dosen STAI Al-Hidayah Ikuti TOT

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kota Bogor ยท 8 Sep 2022 12:10 WIB

Kembangkan Kompetensi, 6 Dosen STAI Al-Hidayah Ikuti TOT


 6 Dosen Program Studi Perbankan Syariah STAI Al-Hidayah Bogor mengikuti Training of Trainers (TOT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, pada 7-8 September 2022 bertempat di Grand Tjokro Hotel, Bandung. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

6 Dosen Program Studi Perbankan Syariah STAI Al-Hidayah Bogor mengikuti Training of Trainers (TOT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, pada 7-8 September 2022 bertempat di Grand Tjokro Hotel, Bandung. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Dalam rangka mengembangkan kompetensi, Program Studi Perbankan Syariah, STAI Al-Hidayah Bogor mengutus enam Dosen untuk mengikuti Training of Trainers (TOT) yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, pada 7-8 September 2022 bertempat di Grand Tjokro Hotel, Bandung.

Training TOT tersebut digelar dengan topik “Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah (asuransi syariah dan pembiayaan syariah)”

Dalam acara tersebut peserta diklasifikasikan menjadi 4 kelas dengan harapan, materi dari narasumber dapat terserap secara optimal oleh peserta seperti pemaparan :

1. Ragam Perasuransian Syariah di Indonesia oleh Bpk. Edi Yoga Prasetyo dari AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia)

2. Penerapan Fatwa dan Prinsip Syariah pada Perusahaan Asuransi Syariah oleh Bpk. Ir. H. Agus Haryadi, A.A.A.I.J., F.I.I.S., A.S.A.I dari DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia)

3. Perizinan, Tata Kelola dan Produk Asuransi Syariah oleh Ibu Nurhasanah dan Damara dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

4. Pengawasan Berbasis Resiko pada Asuransi Syariah oleh Mohammad Amin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

5. Skema Bisnis dan Kelembagaan Pembiayaan Syariah oleh Bpk. Arry Cahyono dari APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia)

6. Penerapan Fatwa dan Prinsip Syariah pada Perusahaan Pembiayaan Syariah oleh Bpk. Prof. Dr. Jaih Mubarok, S.E., M.H dari DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia)

7. Perizinan dan Tata Kelola Industri Pembiayaan Syaria oleh Ibu Anita Primadani dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

8. Pengawasan Berbasis Resiko pada Pembiayaan Syariah oleh Bpk. Muhammad Fathoni dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Berdasarkan pemaparan Direktorat IKNB Syariah pada pembukaan acara disampaikan bahwa, tingkat literasi inklusi keuangan syariah berada pada 8,93% dan literasi keuangan syariah berada pada 9,10% secara nasional pada tahun 2019.

Lanjutnya, maka perlu didorong oleh kalangan akademisi baik dosen maupun mahasiswa dari perguruan tinggi termasuk STAI Al-Hidayah Bogor dan masyarakat, agar keuangan syariah nasional dapat mendominasi serta meningkatkan market share IKNB Syariah yang pada tahun 2022 masih 4,26 % terhadap Keuangan Nasional.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Satgas PKL Dibentuk, Agus Ingatkan Soal Peraturan di Lapangan

6 Oktober 2022 - 19:14 WIB

satgas PKL

Duh! 80% Truk Sampah Sudah Usang, DLH Diminta Lakukan Peremajaan

6 Oktober 2022 - 19:09 WIB

Truk Sampah DLH

Awal Bulan, Yuk Treatment di Latika Beauty Care! Dapatkan Harga Promonya

6 Oktober 2022 - 13:54 WIB

Tirta Pakuan Kenalkan Pengolahan Air Baku Jadi Air Bersih Kepada Mahasiswa IPB

6 Oktober 2022 - 11:22 WIB

XTC Kota Bogor Berikan Harga Subsidi Ayam Potong Khusus YPD

6 Oktober 2022 - 11:13 WIB

Kasus Tanah di Bogor, Kuasa Hukum: Polda Jabar Sudah Tetapkan Tiga Tersangka

6 Oktober 2022 - 11:00 WIB

Trending di Kota Bogor