Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaKenali Penyebab dan Bahaya Benjolan di Ketiak

Kenali Penyebab dan Bahaya Benjolan di Ketiak

Bogordaily.net di ketiak tidak selalu jadi gejala kanker payudara. Karena itu, Anda perlu waspada dan mengenali penyebab di ketiak.

di ketiak bisa terjadi pada wanita dan pria dari semua usia dan biasanya bisa hilang dengan sendirinya.

Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya penyebab ini mendapat perawatan yang sesuai. Berikut, penyebab di ketiak:

1. Lipoma

Lipoma adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lunak akibat penumpukan lemak di bawah kulit.

Setiap orang memiliki ukuran lipoma yang berbeda-beda dan biasanya tak menimbulkan rasa sakit. Anda tak perlu terlalu khawatir karena hal itu tak terlalu berbahaya.

Terdapat kelenjar getah bening di ketiak. Jenis kelenjar itu memegang peranan dalam sistem imun tubuh. Jadi, kelenjar getah bening bisa bengkak saat ada infeksi suatu penyakit.

di ketiak yang terjadi karena pembengkakan pada kelenjar getah bening bisa hilang dengan sendirinya, kok.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah memperbanyak waktu istirahat dan minum banyak air putih agar infeksi bisa teratasi dengan optimal.

2. Infeksi payudara

Melansir Healthily, bisa muncul karena infeksi payudara. Infeksi awalnya menyebabkan inflamasi di jaringan payudara. Jika terus dibiarkan, inflamasi bisa menjalar ke kelenjar getah bening sehingga memunculkan .

Selain menyebabkan peradangan, infeksi payudara juga ditandai dengan warna kulit yang memerah. Anda membutuhkan antibiotik supaya tersebut bisa terobati dengan baik. Jadi, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Kista

Penyebab di ketiak berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah kista. Biasanya, benjolan yang muncul berair. Meski tidak terlalu berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, kista tetap menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Anda perlu segera merawatnya dengan cara yang sesuai supaya kista tidak infeksi dan menyebabkan masalah yang lain. Mengonsultasikan kondisi Anda dengan dokter bisa jadi pilihan tepat untuk menghindari infeksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here