Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKerap Mual saat Main HP di Dalam Mobil? Ternyata Ini Penyebabnya

Kerap Mual saat Main HP di Dalam Mobil? Ternyata Ini Penyebabnya

Bogordaily.net – Pernahkah Anda merasa saat atau gadget Anda lainnya di mobil? Tak hanya , membaca buku juga bisa menimbulkan sensasi pusing dan . Sebenarnya, apa yang terjadi dengan tubuh saat di dalam mobil?

Pasti kamu pernah merasa pusing ketika main hape di mobil, padahal bermain hape merupakan cara jitu membunuh kebosanan di perjalanan, eh tapi sama aja sih kalau gak ada yang nanyain kabar kamu, mending simpan aja hapenya.

Melansir dari Medical News Today, secara umum, beberapa pengalaman dalam kendaraan disebut motion sickness atau mabuk kendaraan.

Hal tersebut karena seluruh indra manusia menerima banyak sinyal yang berbeda-beda ke otak. Misalnya saja, indra pendengaran, yakni telinga. Kamu mendengar berbagai macam suara yang ditimbulkan selama berada di perjalanan.

Seperti suara mesin, jalanan, lagu, dan ketika kamu bermain handphone pasti ada sedikit banyaknya suara yang ditimbulkan, kecuali kalau hape kamu di-silent.

Selanjutnya, indra penglihatan, yaitu mata. Misalkan, kamu bermain hape di bangku belakang. Pandangan kamu tertuju pada layar hape meskipun sesekali kamu melirik ke bagian dalam mobil.

Seakan-akan kamu sedang duduk diam saja sambil main hape, padahal di telinga kamu terdengar suara mesin dan jalan raya yang menandakan bahwa kamu sedang dalam perjalanan.

Terlebih, pada saat mobil mengalami pergerakan, seperti melewati gundukan, belokan, atau mengubah haluan.

Seluruh rasa yang diterima oleh indra di tubuh kamu tidak sinkron satu sama lain. Hal tersebutlah yang akhirnya membuat kepala kamu pusing, lalu timbul rasa dan lemas.

Jika sudah terjadi, sebaiknya berhentilah bermain hape atau membaca buku. Buatlah diri kamu menjadi lebih rileks lagi. Fokuskan kembali pikiran kamu dengan duduk diam memandangi perjalanan.

Itulah mengapa para sopir tidak pernah mengalami , mabuk perjalanan, bahkan hingga muntah. Seluruh perhatian mereka hanya tertuju pada perjalanan. Seluruh indra mereka digunakan untuk fokus melewati perjalanan.

Agar tidak mengalami mabuk perjalanan, stop bermain hape di kendaraan. Fokus pada perjalanan saja, atau lebih baik mendengar lagu jika ingin membunuh kebosanan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here