Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKeren, China Sukses Kloning Serigala Pertama di Dunia

Keren, China Sukses Kloning Serigala Pertama di Dunia

Bogordaily.net  – Ilmuwan di China mengaku berhasil mengkloning Arktik untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia. ini dilakukan dengan cara mengambil sel donor dari serigala Arktik betina liar dan menggabungkannya dengan embrio yang tumbuh di dalam seekor anjing beagle.

ini merupakan hasil eksperimen Singogen Biotechnology, perusahaan gen yang berbasis di Beijing, China. Mereka menjelaskan anjing ras beagle memiliki keturunan genetik yang sama dengan serigala purba.

Anak anjing itu, bernama Maya, lahir pada bulan Juni tetapi Sinogene Singogen Biotechnology yang menunggu untuk mengumumkan kelahirannya sampai dia berusia 100 hari dengan harapan kloningnya akan dalam keadaan sehat, dan ternyata hal ini benar.

Serigala Arktik tidak terancam punah seperti ras lain, tetapi Singogen berharap dapat menggunakan proses ini untuk menyelamatkan spesies lain yang terancam punah.

Meskipun ini merupakan terobosan ilmiah, hewan mendapat kontroversi karena para aktivis mengatakan hewan yang terlibat menderita dalam operasi yang diperlukan untuk mendapatkan sel donor dan mentransfer embrio.

Argumen lain yang menentang proses ini yang menurut sebagian orang menghasilkan hewan dengan adalah apakah teknik ini melanggar beberapa larangan moral, seperti orang ‘bermain pada Tuhan' dengan menghasilkan embrio tanpa menggunakan pembuahan.

Sisi lain dari argumen percaya bahwa hewan adalah cara untuk menyelamatkan spesies di ambang kepunahan. Namun apapun itu, Maya dianggap sebagai tonggak untuk penerapan teknologi .

Dia diciptakan melalui teknik yang sama dengan domba Dolly, mamalia pertama, yang dikloning di Skotlandia pada tahun 1996, yang disebut transfer nuklir sel somatik.

Dolly, bagaimanapun, di-eutanasia pada usia enam tahun ketika dia ditemukan memiliki tumor paru-paru.

Sampai sekarang, Maya dikatakan dalam keadaan sehat dan menunjukkan perilaku anak serigala Arktik tradisional.

“Kami memulai kerja sama penelitian dengan Harbin Polarland untuk mengkloning serigala Arktik pada tahun 2020,” kata Manajer umum Sinogene Biotechnology Mi Jidong kepada Global Times. “Setelah dua tahun upaya yang melelahkan, serigala Arktik berhasil dikloning. Ini adalah kasus pertama dari jenisnya di dunia.”

Perusahaan memulai pencarian ini dengan membangun 137 embrio baru dari oosit yang dienukleasi (proses mengeluarkan nukleus dari sel), yang merupakan sel dalam ovarium, dan sel somatik diikuti dengan transfer 85 embrio ke dalam rahim tujuh beagle – dan satu kelahiran Maya.

Perusahaan genetika di balik proyek tersebut ingin meneliti cara melestarikan hewan yang lebih berisiko daripada rekan Maya. Namun, masih ada jalan panjang di depan mereka. “Relatif lebih mudah untuk mengkloning anjing dan kucing,” kata Jidong.

“Kami akan terus bekerja di bidang ini. Pada langkah selanjutnya, kita mungkin mengkloning hewan liar langka selain anjing atau kucing … dan itu akan lebih sulit,” jelasnya.

Tetapi beberapa komunitas ilmiah telah mengangkat keprihatinan, khususnya tentang kesehatan hewan dan bagaimana akan mempengaruhi keanekaragaman hayati.

Maya, pada bagiannya, ditakdirkan untuk menghabiskan sisa hidupnya di penangkaran karena kurangnya sosialisasi.

hewan telah menjadi Cawan Suci bagi para ilmuwan sejak sebelum Dolly, tetapi sekarang menjadi cara untuk menghidupkan kembali spesies yang telah menghilang dari Bumi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here