Keren! Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Piala Oscar

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Selebritis ยท 13 Sep 2022 16:30 WIB

Keren! Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Piala Oscar


 Film Ngeri-Ngeri Sedap Terpilih Mewakili Indonesia Untuk Mengikuti Kompetisi Film ke Ajang Piala Oscar ke-95. (urbnanasia/Bogordaily.net) Perbesar

Film Ngeri-Ngeri Sedap Terpilih Mewakili Indonesia Untuk Mengikuti Kompetisi Film ke Ajang Piala Oscar ke-95. (urbnanasia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Film Ngeri-Ngeri Sedap terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti kompetisi film ke ajang Piala Oscar ke-95 untuk kategori Penghargaan Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award). Kompetisi film itu dilaksanakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Ngeri-Ngeri Sedap ditulis dan disutradari oleh Bene Dion Rajagugguk. Film tersebut rilis di bioskop Tanah Air pada 2 Juni lalu dan berhasil menjadi film terlaris ketiga tahun ini dengan meraup lebih dari tiga juta penonton.

Setiap tahun, penghargaan bergengsi itu memberikan awards untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi non dialog bahasa Inggris.

Adapun film Ngeri-Ngeri Sedap yang dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 untuk mewakili Indonesia berlaga di Piala Oscar, adalah film kedua genre komedi Indonesia setelah Nagabonar.

Film bergenre komedi ini menceritakan tentang hubungan keluarga dengan empat anak, di mana masing-masing memiliki masalah yang dekat dengan kehidupan penonton. Kisahnya dilatar belakangi kehidupan suku Batak yang mengalami disrupsi dalam kehidupan modern

Keempat anak tersebut yakni Domu (Boris Bokir), si sulung yang tak mendapat restu cinta dari orang tuanya. Sarma (Gita Bhebhita), anak perempuan satu-satunya yang mau tidak mau tetap tinggal di kampung halaman untuk menjaga orang tuanya, Gabe (Lolox) si anak ketiga yang merantau namun dianggap tak membanggakan orang tua, dan Sahat (Indra Jegel), bungsu yang lebih dekat dengan keluarga lain di perantauan.

Selain keempat tokoh tersebut, Ngeri-Ngeri Sedap juga dibintangi oleh Arswendy Benningswara Nasution, dan Tika Panggabean.

Tahun ini, puncak The 95th Academy Awards atau penyerahan piala Oscar ke-95 akan dilangsungkan pada 12 Maret 2023.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 beranggotakan 9 tokoh perfilman berbagai bidang dan wartawan/kritikus film. Komite diketuai oleh sineas kondang Deddy Mizwar, sekretaris Zairin Zain, dengan anggota Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Indonesia telah mengikuti ajang Piala Oscar untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987. Film ” Nagabonar” yang disutradarai MT Risyaf dengan pemain utama Deddy Mizwar dan Nurul Arifin ini menjadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Academy Awards.

Namun, sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang Award dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia.

Menurut Deddy Mizwar, ada pelbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti Piala Oscar. Antara lain, film sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut, dan belasan item lagi persyaratan teknis lainnya.

Komite yang dipimpinnya bekerja dalam tenggat waktu sebulan, termasuk untuk penetapan film pilihan komite.

Guna menentukan film pilihan yang akan mengikuti Oscar, Komite mempertunjukkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan, dimulai Senin (12/9/2022) pagi hingga petang. Dilanjutkan dengan diskusi anggota juriz yang absen hanya Garin Nugroho dan Yadi Sugandi.

Sebanyak tujuh dari sembilan anggota juri akhirnya secara aklamasi memutuskan memilih film Ngeri-Ngeri Sedap mewakili Indonesia di ajang internasional tersebut.

“Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar,” kata Deddy Mizwar dikutip Antara, Selasa, 13 September 2022.

Sekadar diketahui, ajang penghargaan film internasional itu pada 2021 lalu dimenangkan film asal Jepang berjudul Drive My Car atau Doraibu Mai karya sutradara Ryusuke Hamaguchi.(*)

 

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Julian Jacob Resmi Melamar Kekasih Barunya Mirriam Eka, Ini Sosoknya

1 Desember 2022 - 21:31 WIB

mirriam Eka

Julian Jacob Mantan Brisia Jodie Lamar Mirriam Eka

1 Desember 2022 - 21:25 WIB

Akui Cari Sensasi, Pinkan Mambo Minta Maaf ke Maia Estianty dan Raffi Ahmad

1 Desember 2022 - 20:48 WIB

Pinkan mambo sensasi

Disebut Sultan Bintaro, Ini Sumber Uang Andre Taulany

1 Desember 2022 - 17:13 WIB

sumber uang andre taulany

Beres Ngehina, Pinkan Mambo Minta Ampun ke Maia, Raffi hingga Rizky Billar

1 Desember 2022 - 16:06 WIB

pinkan mambo

Pakai Helikopter, Lesti Kejora Temui Korban Gempa Cianjur

1 Desember 2022 - 13:03 WIB

Pakai Helikopter, Lesti Kejora & Rizky Billar Temui Korban Gempa Cianjur
Trending di Selebritis