Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKorupsi, Mantan Menteri Kehakiman China Dihukum Mati

Korupsi, Mantan Menteri Kehakiman China Dihukum Mati

Bogordaily.net–  Mantan Menteri Kehakiman Fu Zhenghua dijatuhi hukuman mati dengan masa penangguhan hukuman dua tahun karena . Fu dilaporkan menerima suap dan menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi.

Dilansir CNN Indonesia, media pemerintah mengabarkan pada Juli lalu, Fu mengaku menerima suap dengan total lebih dari 117 juta yuan atau sekitar Rp12 miliar. Saat itu, jaksa menuduhnya melakukan suap dan menyalahgunakan kekuasaan saat berada di berbagai posisi senior dari 2005 hingga 2021. Ia juga dituduh menyembunyikan adiknya yang melakukan tindakan kriminal.

Jabatan itu di antaranya saat mantan menteri kehakiman itu menjadi wakil kepada dan direktur Biro Keamanan Publik Beijing, serta wakil menteri publik.

“Fu Zhenghua mengambil keuntungan otoritas atau posisi resminya untuk mencari keuntungan bagi orang lain dalam operasi bisnis, posisi resmi dan kasus hukum, dan [sebagai imbalannya] menerima uang dan hadiah secara ilegal baik secara langsung atau melalui kerabatnya,” demikian kata Jaksa, dikutip South Morning Post.

Tak hanya itu, jaksa juga menuduh Fu menyembunyikan bukti dugaan kejahatan yang dilakukan saudaranya, Fu Weihua, demikian dikutip South Morning Post. Ia juga dianggap gagal menangani kasus tersebut sesuai hukum sebagai direktur Biro Keamanan Publik Beijing.

Sementara itu, terkenal memiliki aturan yang ketat bagi pejabat yang . Negara ini ingin membersihkan koruptor dari tingkat tinggi sampai pejabat tingkat rendah.

Pada 2017, Presiden Xi Jinping disebut telah menghukum lebih dari satu juta pejabat korup di semua tingkatan.

Koruptor akan menghadapi hukuman eksekusi jika melakukan . Tindakan ini dianggap melanggar prinsip Partai Komunis .

China disebut mengeksekusi lebih banyak orang per tahun daripada negara lain, meskipun Beijing mengaku jumlahnya terus menurun selama beberapa tahun terakhir.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here