Friday, 19 April 2024
HomeNasionalKPAI Minta Siswa yang Selamat Kecelakaan di Bekasi Diberi Trauma Healing

KPAI Minta Siswa yang Selamat Kecelakaan di Bekasi Diberi Trauma Healing

Bogordaily.net – Komisi Perlindungan Anak Indonesia () meminta adanya pemulihan (trauma healing) terhadap para siswa Sekolah Dasar (SD) yang selamat dari truk trailer di Kranji, Kota .

mendorong ada asesmen terhadap peserta didik yang selamat dan melihat kejadian teman-temannya di tabrak truk, bersimbah darah, dan lain-lain,” jelas Komisioner Retno Listyarti kepada wartawan, dikutip dari PMJ, Jumat 2 September 2022.

“Siswa yang selamat dari kecelakaan di tersebut berhak mendapatkan pemulihan psikologi,” sambungnya.

Selain itu, Retno juga mendesak perusahaan transportasi terkait untuk bertanggung jawab penuh terhadap rehabilitasi psikologis anak yang selamat. Selain itu, perusahaan itu diminta memberikan santunan bagi para korban.

mendorong perusahaan transportasi dari truk penabrak untuk bertanggung jawab terhadap rehabilitasi psikologi (pembiayaan), rehabilitasi kesehatan fisik, dan juga santunan bagi keluarga korban sebagai bentuk tanggung jawab,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Retno memberikan masukan untuk sekolah berada yang di pinggir jalan raya. Dia menyebut perlunya peran sekolah untuk menjaga anak yang belum dijemput orang tua.

mendorong sekolah-sekolah yang berada di pinggir jalan besar, di mana lalu Lalang kendaraan-kendaraan besar sangat tinggi memang seharusnya mendapatkan perhatian khusus, terutama saat kedatangan dan kepulangan siswa,” tuturnya.

“Sekolah juga bisa membuat SOP, misalnya terkait dengan anak-anak yang belum dijemput wajib menunggu di dalam halaman sekolah. Hal ini harus menjadi tanggung jawab bersama antar SKPD terkait di Pemerintah Kota atau Pemerintah Daerah,” imbuhnya.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here