Monday, February 6, 2023
HomeKesehatanLega... Nyeri Tulang Belakang Belum Tentu Tanda Penyakit Berbahaya

Lega… Nyeri Tulang Belakang Belum Tentu Tanda Penyakit Berbahaya

IIMS

Bogordaily.net–  Nyeri tulang belakang bisa menurunkan kualitas hidup. Namun pada beberapa kasus tertentu, nyeri tulang belakang juga bisa menandakan adanya penyakit berbahaya. dr. Ketut Ngurah Gunapriya, Sp.An, KIC, FIPM, FIPP, CIPS, dari KL Klinik mengatakan bahwa nyeri tulang belakang dan nyeri lutut merupakan masalah kesehatan umum yang bisa dialami siapa saja.

“Masalah tersebut juga dapat muncul akibat aktivitas sehari-hari. Namun, bukan berarti rasa nyeri yang muncul ini dapat Anda tidak gubris. Apalagi, nyeri juga dapat menjadi indikasi munculnya penyakit tertentu. Oleh karena itu, jika Anda mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan dalam waktu yang lama, segeralah memeriksakan diri dengan dokter,” ujar dr. Ketut dalam keterangan yang dikutip dari Suara.com.

Secara umum, nyeri tulang belakang yang tidak berbahaya biasanya hanya terjadi di salah satu bagian tubuh saja dan dapat ditunjukkan lokasinya. Rasa sakit dan nyeri juga akan hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu ke depan.

Sementara nyeri yang menandakan adanya penyakit berbahaya biasanya cenderung muncul sejak lama dan berkepanjangan. Nyeri juga akan terasa menjalar ke daerah lain seperti pinggang dan kaki, serta muncul gejala lainnya seperti mual, pusaing, hingga penurunan berat badan.

Pengobatan untuk mengatasi nyeri tulang belakang dan lutut

Jika nyeri masih terasa ringan, pasien dapat melakukan terapi sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Menurut dr. Ketut, salah satu cara pengobatan nyeri yang dapat pasien lakukan di rumah adalah dengan cara RICE yakni Rest atau dengan cara mengistirahatkan otot yang terasa nyeri, Ice atau kompres dengan es batu pada area nyeri, Compress atau bebat dengan perban atau kain elastis, Elevate atau posisikan area nyeri lebih tinggi saat duduk atau berbaring.

Pada kasus nyeri yang sudah berkepanjangan atau kronis, perlu dilakukan pengobatan dengan bantuan medis. Dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan, dokter dapat membantu mengidentifikasi masalah hingga melakukan pengobatan atau tindakan terapi yang tepat pada masalah nyeri yang pasien alami.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor