Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorMaaf, Bansos BLT BBM di Kabupaten Bogor Belum Bisa Disalurkan, Ini Penjelasan...

Maaf, Bansos BLT BBM di Kabupaten Bogor Belum Bisa Disalurkan, Ini Penjelasan Dinsos!

Bogordaily.net – Bantuan Sosial (Bansos) BLT BBM di Kabupaten Bogor belum bisa disalurkan. Itu karena masih menunggu koordinasi dengan Kantor Pos dan sejumlah lembaga lain agar bantuan tersebut tepat sasaran.

Di Kabupaten Bogor, penyaluran hingga saat ini belum dilakukan karena masih ada data usulan.

Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor, Drs Jodi Anggoronadi menjelaskan bahwa bantuan sosial (bansos) BLT BBM di Kabupaten Bogor hingga saat ini penyaluran BLT BBM belum disalurkan.

Menurut Jodi dana BLT BBM ini akan disalurkan langsung oleh Kemensos ke Kantor Pos.

“Jadi gini data itu kan dari kemensos dan menyuruh kantor pos tetapi dari kemensos tidak ngasih data ke dinsos, tetapi dinas sosial ditugaskan nanti melakukan pemadanan data,” ucapnya saat ditemui oleh Bogordaily.net, Jumat 09 September 2022.

Dia menjelaskan, data penerima bansos Kabupaten Bogor itu merupakan penyatuan dua data yakni dari dinsos dan kantor pos agar sesuai, tetapi hingga saat ini belum mendapatkan data tersebut dari Kantor pos.

“Kalau pemadanan ada dua data yakni data dari dinsos dan dari kantor pos, tetapi hingga sekarang kantor pos belum mengasih data ke dinsos,” jelasnya

Selain itu, berdasarkan informasi dari Kemensos, BLT BBM akan diberikan sebanyak empat kali dengan masing-masing pemberian sebesar Rp 150 ribu.

“Untuk penyaluran nanti dilakukan dalam dua batch atau tahapan dan penerima nantinya akan mendapatkan bantuan tersebut di kantor pos,” pungkasnya.

Bantuan ini, kata da, merupakan salah satu dari paket bantuan sosial pemerintah setelah mengalihkan subsidi BBM dan hanya mendampingi dan mengawasi untuk memastikan penyaluran sudah sesuai dengan ketentuan.

“Pemerintah sudah memberikan informasi bantuan dan masyarakat sudah menanti tentang bantuan ini, jadi kalau kita hanya mendata dan memastikan penyaluran sudah terlaksana,” tutupnya.

Dalam prakteknya, Pemkab Bogor hanya bertugas melakukan melakukan pemadanan data. Bansos itu pun dikirim langsung ke Kantor Pos untuk dibagikan kepada para penerimanya.

Seperti diketahui, pemerintah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) setelah subsidi BBM Solar dan Pertalite naik kepada 18,4 juta keluarga penerima manfaat (KPM). ***

(Albin Pandita/Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here