Wednesday, 22 May 2024
HomeNasionalMandi Wajib Hari Jumat: Berikut Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Mandi Wajib Hari Jumat: Berikut Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Bogordaily.net–  hari Jumat dilakukan oleh laki-laki sebelum ke masjid? Nah, hal pertama yang perlu diketahui adalah hukum dan keutamaan dari amalan tersebut. Dilansir Suara.com berikut ulasan tentang mandi hari Jumat:

Hukum dan Keutamaannya

Anjuran untuk mandi di hari Jumat sebelum berangkat juga diperintah oleh Rasulullah SAW. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa menghadiri baik laki-laki maupun perempuan, maka hendaklah ia mandi. Sedangkan yang tidak menghadirinya – baik laki-laki maupun perempuan – maka ia tidak punya keharusan untuk mandi.” (HR. Al Baihaqi, An Nawawi mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Berdasarkan hadist tersebut maka hukumnya bisa dikatakan wajib. Namun sebagian ulama berpendapat mandi hari Jumat hukumnya sunnah.

Selain membuat badan menjadi bersih, ada keutamaan di hari jumat yang perlu anda ketahui. Seorang muslim yang mengerjakan amalan ini akan diampuni dosanya.

“Siapa yang mandi hari Jumat, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, pergi salat Jumat dan tidak melangkahi bahu orang, kemudian salat sunah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosa antara Jumat itu dan Jumat sebelumnya.” (HR: Ahmad)

Kemudian dalam sunah rasul mengenai manfaat mandi sebelum salat Jumat, yaitu mendapat pahala berkurban.

“Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua, maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850).

Hari Jumat

Berikut ini bacaan latin dan arti :

“Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari minal jinabati fadlon lillahi ta'ala”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah aku mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala.

Tata Cara Hari Jumat

Membasuh tangan sebanyak 3 kali.

Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.

Mencuci Tangan dengan sabun agar bersih kembali setelah membasuh kotoran.

Mengambil wudhu sebagaimana biasa.

Membasuh keseluruhan rambut di kepala dengan mengguyurnya sebanyak 3 kali.

Lalu menyiram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali.

Kemudian menyiram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga.

Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.

Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan mandi seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here