Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalMangkuk Ayam Jago Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini Sejarahnya

Mangkuk Ayam Jago Jadi Google Doodle Hari Ini, Ini Sejarahnya

Bogordaily.net – Hari ini Senin, 12 September 2022, lewat Google Doodle menghiasi laman pencariannya dengan peralatan makan yang begitu ikonik.

Dilansir dari keterangan resmi Google, Senin, 12 September 2022, peralatan dapur tahan lama ini, sangat populer di Asia sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini di tahun 2013.

Dalam situs resminya, Google mengatakan sengaja memasang mangkuk karena peringatan hari bersejarahnya setiap tanggal 12 September.

“Cock-a-Doodle-Do! Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikonik, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang,” tulis Google.

Kepopuleran mangkuk membuat pemerintah Thailand mendaftarkan merk-nya sebagai produk indikasi geografis Lampang. Sejak tanggal 12 September 2013, Lampang yang merupakan nama kota terbesar ketiga di Thailand itu resmi.

Mangkuk rupanya bukan asli Indonesia. Berdasarkan laman resmi Google, asalnya dari Lampang, Thailand.

Lampang adalah kota terbesar ketiga di Negeri Gajah Putih. Kota yang menjadi pusat dagang dan transportasi itu berjarak sekitar 601 km dari utara Bangkok.

Hanya saja aslinya Mangkuk itu berasal dari Provinsi Guangdong, Cina. Penduduk di sana mengimpor ke Lampang.

Pada tahun 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah itu, yang penuh dengan mineral lempung, lebih cocok untuk pembuatan keramik.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jantan, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk terlaris di kawasan itu, membawa stabilitas keuangan dan kebebasan bagi penduduk lokal Lampang.

Namun karena begitu populernya mangkun ini di Lampang, pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk sebagai produk indikasi geografis Lampang pada 12 September 2013.

Adanya pendaftaran tersebut berarti hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut.

Mangkuk dibuat bukan sekadar gambar saja. Ada filosofi yang tertuang dalam desainnya.

melambangkan kerja keras sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

“Pastikan untuk memeriksa lemari dapur Anda untuk mangkuk vintage – mereka mungkin membawa keberuntungan bagi keluarga Anda!” pungkas Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here