Friday, 19 April 2024
HomeBeritaMasih Dihuni, Berikut 7 Kota Bawah Tanah Nan Indah Di Beberapa Negara

Masih Dihuni, Berikut 7 Kota Bawah Tanah Nan Indah Di Beberapa Negara

Bogordaily.net – Pernahkah terbayang olehmu akan tinggal di yang terletak di ? Mungkin hanya ada di film-film fantasy saja. Namun ternyata ada di dunia nyata, ada 7 kota yang tersebar dibeberapa negara.

Ada yang mengatakan jika banyak masyarakat yang memiliki kehidupan di . Dan sampai sekarang masih ada lokasi yang dijadikan pemukiman.

Lantas di mana sajakah kota ini berada? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Derinkuyu, Turki

Di kota Cappadocia, yang terletak di Turki tengah, terdapat setidaknya 36 kota pada kedalaman sekitar 85 m, dan salah satu yang terdalam adalah Derinkuyu. Ditemukan pada tahun 1963, di terowongan ini kamu dapat menemukan apa yang ada pada kota pada umumnya, seperti rumah, tempat ibadah, kilang anggur, dan diperkirakan Derinkuyu dapat dihuni oleh 20 ribu orang.

Derinkuyu dibuka untuk umum pada tahun 1965, dan hanya 10 persen bagian dari kota ini yang dapat diakses oleh pengunjung.

2. Burlington, Inggris

Burlington merupakan benteng kota di dalam tambang terbengkalai seluas 240 hektare. Kota ini baru saja diklasifikasi pada akhir tahun 2004.

Sebelumnya tempat ini dibuat untuk merelokasi 4.000 staf pemerintah jika terjadi perang nuklir atau invasi. Di dalam, ada ruang yang dibangun khusus untuk menampung staf pemerintah, ruang untuk toko roti, rumah sakit, dan studio penyiaran BBC.

3. Chernobyl-2, Ukraina

Chernobyl-2 dulunya adalah kota di Ukraina yang dibangun untuk menampung stasiun radar dan pangkalan militer rahasia.

Akomodasi diatur untuk 1.000 perwira, pekerja, dan keluarga mereka pada tahun 1970-an. Sebuah rumah sakit, sekolah, taman kanak-kanak, hotel, toko, dan stasiun pemadam kebakaran ada di sana.

Pangkalan itu terletak 10 kilometer selatan Chernobyl, di mana kecelakaan nuklir terjadi pada tahun 1986, menyebabkan evakuasi 350.000 orang di daerah sekitarnya.

4. Lothal, Gujarat

Salah satu kota yang terletak di India ini merupakan peradaban Lembah Indus. Kota yang tersembunyi dan hilang ini kembali ditemukan pada tahun 1954 oleh Archaeological Survey of India (ASI). Kota ini memiliki dermaga dan beberapa monumen kuno yang dilindungi dan dilestarikan hingga saat ini.

5. Wunsdorf, Moskow

Wundorf merupakan salah satu kota yang pernah digunakan basis Nazi. Kota ini dapat memuat 60.000-75.000 orang yang mayoritas tentara pada saat itu. Di kota ini terdapat akses kereta api ke Moskow untuk memperkuat kekuatan militer pada saat Perang Dingin.

6. Beijing Underground City

Kota ini juga dikenal sebagai Dixia Cheng. Dibangun selama perang dingin untuk bertahan hidup serangan nuklir.

Jumlah pintu masuk terowongan ini mencapai lebih dari 90 pintu masuk dari daerah yang berbeda-beda. Beijing Underground City mulai dibuka pada wisatawan pada tahun 2000.

7. Setenil, Spanyol

Kota ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Sekilas seperti kota yang telah ditabrak oleh meteor besar. Kota unik ini dihuni sekitar 3.000 orang yang tinggal di bawah bongkahan batu.

Banyak masyarakat yang tinggal di sana karena gua alam Setenil dapat menjadi tempat tinggal ideal yang menahan suhu panas di musim panas dan suhu dingin saat cuaca dingin.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here