Friday, 29 March 2024
HomeBeritaMasjid di Afghanistan Dibom Lagi, Ulama Loyalis Taliban Tewas

Masjid di Afghanistan Dibom Lagi, Ulama Loyalis Taliban Tewas

Bogordaily.net–  Masjid di kembali diterjang bom. Kali ini terjadi di Masjid Garzagah di Kota Herat yang terbesar di barat . Ledakan bom menewaskan seorang ulama pro- Mujib Rahman Ansari, Jumat, 2 September 2022.

“Mujib Rahman Ansari, dengan sejumlah pengawalnya dan warga sipil, terbunuh di dekat masjid,” ujar juru bicara kepolisian Herat, Mahmood Rasoli.

Dilansir CNN Indonesia, Rasoli tak membeberkan secara detail jumlah korban tewas akibat ledakan ini.

Meski begitu, seorang sumber anonim mengatakan kepada bahwa sebanyak 18 orang terbunuh dalam ledakan terbaru yang menyasar masjid di itu.

Dalam sejumlah foto yang dirilis di Twitter, tampak jasad penuh darah tergeletak di sekitar lokasi kejadian. Masih belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut sejauh ini.

Sementara itu Ansari merupakan tokoh ulama penting yang setia pada yang kembali berkuasa di sejak tahun lalu. Ia terkenal dengan khotbahnya yang berapi-api.

Dalam pertemuan keagamaan di Kabul pada Juli lalu, Ansari sempat menyerukan hukuman penggal bagi orang-orang yang melakukan pelanggaran besar atau kecil terhadap aturan negara Emirat Islam , nama resmi di bawah rezim .

“Bendera ini (Taliban) tidak dikibarkan dengan mudah, dan tak akan diturunkan dengan mudah,” kata Ansari.

AFP melaporkan, Ansari merupakan ulama pro-Taliban kedua yang terbunuh dalam insiden ledakan.

Rahimullah Haqqani telah lebih dulu terbunuh dalam bom bunuh diri yang menerjang sekolah madrasahnya di Kabul beberapa waktu lalu. Haqqani diketahui sering mengeluarkan pernyataan ‘panas' melawan ISIS.

Sejak Taliban berkuasa, teror serangan ISIS-K kembali terjadi di . Sebagian serangan menyasar komunitas minoritas seperti masjid-masjid Muslim Syiah hingga situs agama terkait tokoh-tokoh pro-Taliban.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here