Monday, 29 April 2024
HomeEkonomiMendag Jamin Minggu Depan Harga Telur Turun Lagi, Janji Ya?

Mendag Jamin Minggu Depan Harga Telur Turun Lagi, Janji Ya?

Bogordaily.net–  Harga ditargetkan turun lagi pekan depan. Menteri Perdagangan (Zulhas) menyebut hal ini beriringan dengan penyaluran ayam dari Badan Pangan Nasional ke pedagang pasar tradisional.

Zulhas mengatakan sejauh ini sudah mengalami penurunan dari sebelumnya sempat di atas Rp30.000 per kilogram (Kg). Menurutnya saat ini rata-rata harga di sejumlah daerah sudah turun ke level Rp29.000/kg, meskipun masih ada yang di atas Rp 30.000.

“Memang masih tinggi, tapi sudah turun, kemarin saya ke Samarinda harga dari Rp32.000 sudah Rp31.000. Nah DKI sekitar Rp30.000 makanya Badan Pangan perlu operasi pasar dibantu kawan-kawan. Jawa Timur Rp29.000, Jawa Barat Rp29.000-30.000, tapi Sumatera di bawah Rp30.0000. Rata-rata dari Aceh sampai Lampung Rp29.0000,” jelas Zulhas saat operasi pasar di Pasar Minggu, Jakarta Selatan sebagaimana dilansir Detik.com, Jumat, 2 September 2022.

“Jadi sudah mulai turun, mudah-mudahan minggu depan bisa lebih turun lagi,” lanjutnya.

Zulhas menambahkan, harga ayam melonjak saat ini karena permintaan yang juga sedang tinggi. Terutama bisnis makanan memang sudah menggeliat, mulai dari restoran, hotel, dan warteg. Pendorong lainnya yakni harga pakan yang naik.

“Semua sudah buka warteg, restoran, hotel sudah normal, oleh karena itu permintaan melonjak. Agustus juga gitu, banyak pesta acara dan sebagainya. Juga akibat harga pakan yang sedikit naik, tapi sekali lagi sudah berangsur turun harga ,” jelasnya.

Sementara itu dalam upaya mengendalikan harga ini, menurut Zulhas juga harus melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah daerah.

Dari hasil rapat koordinasi sebelumnya, kata Zulhas, pemerintah daerah dapat menggunakan dana alokasi umum (DAU) untuk membantu biaya transportasi pengiriman pangan sehingga harga pun bisa ditekan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here