Sunday, 5 May 2024
HomeTravellingMengintip Indahnya Gua Rangko di Manggarai Barat, Ada Kolam Alami

Mengintip Indahnya Gua Rangko di Manggarai Barat, Ada Kolam Alami

Bogordaily.net – Pulau Komodo dan Padar menjadi destinasi terpopuler ketika berwisata di . Kali ini, jika ingin mendapatkan objek berbeda di Anda bisa mengunjungi , gua yang terdapat kolam alami didalamnya.

Terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), di sini ada gua eksotis yang terkenal indah. Tempat tersebut bernama .

adalah sebuah gua dengan beragam bentuk ornamen stalaktit yang indah. Ditambah dengan daya tarik berupa kolam air asin di dalamnya. Airnya begitu jernih dan terlihat bewarna biru.

Warga lokal menyebut gua ini dengan julukan Goa Buaya. Walaupun tidak ditemukan adanya buaya di sini.

Objek ini menawarkan keindahan gua yang masih sangat alami. Terutama bentuk bebatuan stalaktit dan stalakmitnya yang unik. Bebatuan di dalam gua terlihat indah ditambah dengan kolam air asin yang jernih kebiru-biruan.

Air ini bersumber dari laut, dan masuk melalui rongga atau celah yang menghubungkan kolam di gua dan laut lepas. Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di dalam gua ini adalah berenang dan mengapung. Menikmati suasana tenang di dalam gua.

Jika tertarik mengunjungi , datanglah pada pukul 12.00 hingga 14.00 WITA. Karena di jam tersebut merupakan waktu terbaik untuk menjelajahi gua. Ketika siang hari, sinar Matahari akan membantu menyinari gua yang gelap, sehingga keindahan biru air terpancar indah.

Lokasi

Berjarak sekitar 16an kilometer dari . 13an kilometer perjalanan darat dan 3 kilometer perjalanan laut. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam.

Dari Labuan Bajo arahkan kendaraan ke Boleng. Dari Boleng kita bisa sewa perahu menuju lokasi gua.

Kamu bisa saja menyewa perahu dari Labuan Bajo. Namun pastinya harga sewa perahu lebih mahal dan perjalanan lautnya lebh lama.

Tiba di dermaga tujuan, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 300an meter untuk sampai di gua. Melewati pantai indah berpasir dan pepohonan.

Berjalan kaki sekitar 15 menit akan sampai di mulut gua.

Jam Buka
Tidak ada ketentuan gua ini buka dan tutup jam berapa. Yang artinya sebenarnya kamu bisa saja kemari 24 jam.

Meskipun tidak ada jam operasional, pengunjung biasanya datang saat hari terang.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke area gua, pengunjung akan dikenakan biaya masuk. Harga tiketnya tidak mahal, masih terjangkau.

Tiket masuk: Rp. 20.000/orang.
Sewa perahu kecil: Rp. 250.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here