Saturday, 4 May 2024
HomeKulinerMenjajal Tahu Gimbal Kuliner Ikonik Kota Semarang

Menjajal Tahu Gimbal Kuliner Ikonik Kota Semarang

Bogordaily.net – Di , banyak dijumpai menu-menu hasil akulturasi, termasuk berbagai sajian dari tahu seperti tahu pong, tahu petis, wedang tahu, dan tahu gimbal. Di antara menu berbasis tahu itu, tahu gimbal termasuk sajian paling ikonik di kota .

Tahu gimbal adalah sajian mirip tahu campur atau lontong tahu di lain. Yang khas dari sajian tahu gimbal adalah gimbalnya itu sendiri. Gimbal adalah istilah untuk menyebut kondimen serupa bakwan udang yang digoreng dengan tepung seukuran telapak tangan.

Gimbal itu kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan lontong, rajangan kol mentah, tahu goreng, dan taoge, yang disiram dengan bumbu kacang yang agak kental dan banyak, serta diberi telur ceplok sebagai pelengkapnya.

Secara penampilan, tahu gimbal memang hampir mirip dengan ketoprak atau pecel yang sering kita dijumpai. Namun, komposisi pada makanan ini tentu berbeda dengan ketoprak dan pecel. Dalam seporsi tahu gimbal terdiri dari beberapa bahan seperti tahu goreng, lontong, irisan kol atau kubis, tauge, gimbal udang dan telur goreng.

Sedangkan untuk siraman saus kacang yang digunakan juga tidak sama dengan saus kacang pada ketoprak dan pecel. Karena, tak hanya menggunakan berbagai bumbu penyedap seperti cabai, bawang putih serta kecap manis saja, saus kacang pada tahu gimbal juga menambahkan petis udang di dalamnya, sehingga menciptakan rasa manis, pedas, dan gurih yang khas.

Itulah alasan mengapa tahu gimbal masih banyak diminati oleh seluruh masyarakat hingga saat ini sajian tahu gimbal dilengkapi pula dengan kerupuk udang. Sambal kacangnya bercita rasa khas gaya Semarangan karena dipadu dengan petis udang dan kecap manis.

Tahu Gimbal Legendaris di Kota

Sajian tahu gimbal ini dapat dijumpai di berbagai gerobak dorong dan kedai di seantero kota . Sebagai ikonik , tahu gimbal memang mudah dijumpai di kota Atlas ini.

Namun di antara penjual tahu gimbal, Tahu Gimbal H. Edy adalah kedai yang menyediakan tahu gimbal yang masyhur kelezatannya. Juga, boleh dibilang, Tahu Gimbal H. Edy termasuk salah satu yanng terlegendaris karena telah dikenal sejak tahun 1972.

Kedai Tahu Gimbal Pak H. Edy berlokasi di Jalan Menteri Supeno, berada di seberang Taman Indonesia Kaya atau hanya berjarak sekitar 400 meter dari Simpang Lima.

Jangan salah pilih, karena di kawasan ini, ada beberapa kedai yang menyediakan tahu gimbal dengan nama Pak Edi. Pilihlah kedai di ujung kanan atau di tengah, dengan banner yang bertulisan “H. Edy” (yang asli pakai H) dan ada foto pendirinya, Edy Kamsani, serta juga memuat gambar beberapa liputan TV swasta.

H. Edy mulai berjualan tahu gimbal di sejak tahun 1972. Awal mulanya ia berjualan tahu gimbal secara berkeliling dengan menggunakan gerobak dorong. Kemudian, sempat mangkal di kawasan simpanglima. Namun karena penertiban, tahun 1990 H. Edy pindah tempat mangkal di Jalan Pahlawan.

Lebih dari 20 tahun H. Edy mangkal berjualan tahu gimbal di Jalan Pahlawan. Namun, lagi-lagi, karena adanya penataan atau relokasi pedagang kaki lima (PKL), tahun 2011 H. Edy pindah mangkal di Taman KB atau di Jl. Menteri Supeno hingga sekarang.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here