Minuman Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 7 Sep 2022 15:54 WIB

Minuman Terbaik Bagi Penderita Diabetes


 Air putih. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Air putih. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sebuah penelitian yang dilakukan Diabetes UK mengungkap bahwa minuman ‘terbaik’ bagi penderita diabetes adalah air putih. Bahkan minuman alami ini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi hingga 30 persen.

“Karena air tidak mengandung karbohidrat atau kalori, itu adalah minuman yang sempurna untuk penderita diabetes,” ungkap Diabetes UK seperti dilansir dari laman Express, Rabu 7 September 2022.

Selain itu, dari penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa air putih dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar glukosa (gula) darah.

Temuan dari studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care ini menyatakan, ketika asupan air meningkat maka dapat mencegah atau menunda timbulnya hiperglikemia (gula darah tinggi) dan diabetes berikutnya.

Peserta yang mengonsumsi lebih dari satu liter air per hari memiliki risiko 28 persen lebih rendah terkena hiperglikemia onset baru dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari 500 ml air per hari.

Para peneliti juga menyoroti hormon vasopresin (yang meningkat ketika dehidrasi terjadi) sebagai kemungkinan faktor risiko hiperglikemia dan diabetes.

Para penelitis menyimpulkan bahwa peningkatan asupan air dapat mengurangi kemungkinan peningkatan kadar vasopresin. Tubuh penderita diabetes membutuhkan lebih banyak cairan ketika kadar glukosa darah tinggi.

Hal ini dapat menyebabkan ginjal berusaha mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.

“Air tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah, itulah mengapa sangat bermanfaat untuk diminum ketika penderita diabetes memiliki gula darah tinggi, karena memungkinkan lebih banyak glukosa dikeluarkan dari darah,” jelas Diabetes UK.

Menutut Diabetes UK, kadar gula darah yang tinggi juga menggarisbawahi kebutuhan akan air. Diabetes UK menjelaskan memiliki kadar glukosa darah yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi yang merupakan risiko bagi penderita diabetes mellitus.

Orang dengan diabetes insipidus juga memiliki risiko dehidrasi yang tinggi tetapi ini tidak terkait dengan kadar glukosa darah yang tinggi.

Diabetes insipidus adalah kondisi langka, di mana Anda sering buang air kecil dan sering merasa haus. Jika Anda merasa air tidak terlalu menarik, maka tambahkan irisan buah, seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis.

“Anak-anak sering perlu diingatkan untuk minum, jadi beri mereka botol air berwarna-warni dengan sedotan yang funky,” tukasnya.***

 

(Riyaldi)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

2 Desember 2022 - 10:59 WIB

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul
Trending di Kesehatan