Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalCurhat TKW di Hongkong, Bisa Dipecat Kapan Saja Terserah Majikan

Curhat TKW di Hongkong, Bisa Dipecat Kapan Saja Terserah Majikan

Bogordaily.net – Curhat di Hongkong bikin miris. Cerita itu disampaikan Indonesia mengadu ke Yuni, staf agensi di Hongkong, terkait interminit atau pemutusan hubungan kerja yang mendadak di sampaikan oleh majikannya di sana.

Curhat di Hongkong itu menanyakan perihal pengurusan VISA untuk mencari majikan baru setelah dikeluarkan dari tempat lamanya bekerja.

Dia menanyakan kepada Yuni. Adakah bisa mendapatkan VISA berkerja sebagai dengan tetap tinggal di Hongkong atau harus pulang ke Indonesia.

“Saya di majikan ini jalan tiga tahun. Hampir tahun ke empat, saya diputus tanpa alasan. Kalau saya cari bos baru? Kira-kira saya harus pulang ke Indonesia atau bisa tetap di Hongkong,” tanya itu seperti dikutip denpasar.suara.com dari kanal YouTube Yuni Hongkong @ CURHATAN BMI, Jumat 23 September 2022.

Pertanyaan itu langsung dijawab Yuni. Kata dia, majikan bisa kapan saja mengeluarkan interminit. Jika majikan dalam pemutusan hubungan kerja itu menuliskan hal jelek terkait saat berkerja di kediamannya.

Maka, tersebut harus kembali ke Indonesia guna mengurus VISA.
Jadi, hubungan baik antara dan majikan harus tetap terjaga. Ingat ayat 1 pasal 1 yang menyatakan majikan maha benar.

Dia menyarankan TKW tersebut mendatangi majikannya tersebut untuk menulis keterangan baik. Dengan alasan bahwa kalau dirinya ke Indonesia untuk mengurus VISA, jumlah biaya yang dikeluarkab terbilang banyak.

Di sisi lain, TKW datang ke Hongkong memang karena butuh uang untuk membantu keluarga maupun. “Bilang ke majikan boleh nggak minta surat keterangan. Tulis surat bagus ke imigrasu biar bisa nunggu bisa di Hongkong.

Ucapkan alasan bahwa kalau pulang ke Indonesia perlu uang yang banyak,” demikian kata Yuni.

TKW itu juga menambahkan bahwa pemutusan hubungan kerja ini dengan alasan sang majikan tak punya yang lagi alias No Money.

Atas keluh kesah TKW itu, Yuni berjanji akan membantu membuatkan surat ke majikan yang bersangkutan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here