Wednesday, 8 May 2024
HomePolitikNasDem Klaim Koalisi dengan PKS, Demokrat Sudah 80 Persen Tapi...

NasDem Klaim Koalisi dengan PKS, Demokrat Sudah 80 Persen Tapi…

Bogordaily.net–   Partai , , kabarnya sedang melakukan penjajakan untuk berkoalisi di Pilpres 2024. Ketua DPP Partai Willy Aditya bahkan menyebut  progres kekinian penjajakan itu sudah mencapai 80 persen. Akan tetapi, kata dia masih ada sejumlah hal yang masih jadi kendala.

“Peluangnya ya sejauh ini komunikasi bagus lah. Bisa jadi (80 persen), kalau kesepakatan beberapa hal terpenuhi, di sanalah kemudian seni diplomasinya materi yang dinegosiasikan ya tentu ada beberapa hal yang terus menerus dibicarakan lah,” kata Willy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta sebagaimana dilansir Suara.com, Senin, 19 September 2022.

Menurut Willy, beberapa hal yang masih jadi kendala yakni pertama, , dan merupakan partai yang belum pernah menjalin koalisi.

“Satu, kami belum pernah bekerja sama sebelumnya, tentu ini nggak bisa kawin paksa kan, tentu proses pembangunan chemistry di dua ranah, ranah antar partai, ranah antara kandidat dengan partai, itu tidak sederhana itu,” jelasnya.

Kemudian lanjut dia, ada bagian-bagian yang masih perlu dikomunikasikan agar bisa dijalankan secara simultan jika ketiga parpol tersebut berkoalisi.

“Layer ini harus berjalan secara simultan, itu yang beratnya itu, ada orang yang kadang kadang misal kita contoh, tetangga, langsung partainya saja. Itu kan 1 layer, sementara ini bekerja dalam 2 ranah lah, 2 dunia, 2 alam, capres-cawapresnya dan partainya,” ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara DPP , M Kholid mengatakan, jika penjajakan koalisi ketiga parpol tersebut masih terus dimatangkan.

“Kami masih mematangkan poros perubahan (, , Demokrat),” kata Kholid.

Diakuinya masing-masing dari tiga parpol tersebut dalam proses penjajakan menyodorkan nama figur untuk dipertimbangkan diusung di Pilpres 2024. Namun semua belum ada keputusan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here