Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaNgeri! Depresi Berkepanjangan, Ini 4 Dampak Buruknya

Ngeri! Depresi Berkepanjangan, Ini 4 Dampak Buruknya

Bogordaily.netā€“Ā  merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih yang dalam dan berkepanjangan hingga tidak berminat lagi terhadap hal-hal yang disukai. Setiap manusia pasti memiliki masalahnya masing-masing hingga bisa menyebabkan seseorang . Namun, waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat .

Tanda fisik seseorang yang mengalami bisa berupa pusing, lelah dan hilangnya selera makan. Sedangkan menurut ciri psikologis yaitu sedih yang mendalam, putus asa dan emosi yang tidak stabil. Jika sudah seperti ini seseorang harus waspada.

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu penyebab terjadinya seperti yang dilansir Your Say Suara.com dari laman Alodokter.com di antaranya mengalami peristiwa traumatis, masalah keuangan atau masalah lainnya yang membuat tekanan batin, pola pikir yang tidak tepat. bisa menimbulkan dampak yang berbahaya bagi penderitanya. Mengutip laman Hellosehat.com, berikut ini dampak yang mungkin timbul dari yang berkepanjangan.

Penyakit jantung

Adanya ketidakseimbangan hormon dalam darah, seseorang lebih rentan mengidap penyakit jantung. Otak yang terus menerus menerima sinyal ancaman membuat otak melepaskan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol ke dalam darah hingga menyebabkan tekanan darah yang bisa memacu kerja jantung hingga merusak pembuluh darah.

Kecanduan

Seseorang yang mengalami mengira jika ia mengonsumsi minuman atau obat tertentu bisa mengatasi dalam dirinya. Padahal hal tersebut makin memperparah keadaan karena akan menimbulkan kecanduan terhadap sesuatu yang negatif seperti narkoba, atau minuman keras.

Kerusakan otak

Orang yang mengalami akan menyebabkan kelainan pada struktur otak yang membuat turunnya fungsi kognitif otak seperti berpikir, mengingat sesuatu atau berkomunikasi.

Bunuh diri

Hilangnya fungsi otak untuk berpikir logis dan jernih memacu seseorang yang mengidap depresi untuk melakukan bunuh diri. Padahal bunuh diri tidak akan terjadi jika sedari awal seseorang yang depresi tersebut meminta pertolongan dari orang lain. Karena termasuk kategori penyakit mental yang serius dan banyak menimbulkan dampak yang buruk, maka segeralah memeriksakan diri kepada ahlinya jika kamu mengalami depresi yang berkepanjangan.***

Ā 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here