Tuesday, 14 May 2024
HomeKota BogorNunggu 16 Tahun, Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar di Kebun Raya Bogor

Nunggu 16 Tahun, Bunga Rafflesia Arnoldi Mekar di Kebun Raya Bogor

Bogordaily.net – Setelah menunggu 16 tahun masa penelitian terhadap bunga Rafflesia Arnoldi, tepat hari ini Rabu, 14 September 2022 bunga asli hutan tropis di pulau Sumatera akhirnya mekar di (KRB), Kota Bogor.

Peneliti Rafflesia di , Sofi Mursidawati mengatakan, bunga Rafflesia Arnoldii mekar di KRB ini yang pertama, sebab dirinya telah melakukan penelitian terhadap bunga tersebut sejak tahun 2006.

“Mekarnya Rafflesia Arnoldii di pertama di Indonesia bahkan dunia karena berhasil tumbuh diluar habitatnya. Biasanya yang sering tumbuh disini Rafflesia Padma, sudah 16 kali,” ucapnya kepada awak media.

Sofi mengaku suatu kebanggan dan merasa terharu lantaran penelitiannya selama belasan tahun telah membuahkan hasil, meskipun hanya beberapa hari saja Rafflesia Arnoldii dapat mekar di KRB.

“Mekarnya hanya 3-4 hari saja terhitung mulai hari ini karena tidak tumbuh dihabitatnya langsung, tidak bisa meregenerasi karena hanya ada satu dan ukurannya pun kecil, padahal kalau di habitat aslinya bisa tumbuh mekar sampai 1 meter, sedangkan Rafflesia Arnoldii yang sekarang mekar jenisnya betina,” ungkapnya.

Adapun ukuran bunga Rafflesia Arnoldii yang mekar di KRB sekitar 30 sentimer dengan presentase tingkat kemekaran kelopak bunganya baru 70-80 persen.

“Baru satu kelopak yang mekarnya hampir sempurna, sisanya masih berproses karena waktu pemekaran bunga Rafflesia Arnoldii ini tergantung dari inangnya karena tanaman ini berjenis parasit jadi sangat bergantung pada inang yang ditempatinya,” katanya.

Sekadar diketahui, bunga Rafflesia Arnoldii merupakan tanaman parasit yang pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold saat mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, sehingga tumbuhan ini diberi nama sesuai sejarah penemunya yakni penggabungan antara Raffles dan Arnold.

Terdapat 33 spesies Rafflesia di dunia dan 14 jenis, diantaranya tumbuh di Indonesia dimana 11 jenis tumbuh di Pulau Sumatra.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here