Monday, 29 April 2024
HomeBeritaObat Tradisional Sakit Tenggorokan Paling Murajab!

Obat Tradisional Sakit Tenggorokan Paling Murajab!

Bogordaily.net paling mujarab nih. Tak perlu repot beli obat atau periksa ke dokter. ini bisa jadi alternatif sebelum ke rumah sakit atau klinik.

sering kali menganggu aktivitas karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Untuk mengatasinya, ada beberapa macam obat alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Melansir dari Alodokter, berikut :

1. Air garam

Salah satu obat alami yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan air garam itu.

Sebuah studi mengungkap bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Perlu diingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

2. Madu

Madu telah lama dipercaya mampu meredakan , baik dicampur dengan teh atau diminum langsung. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) mengonfirmasi bahwa madu juga efektif dalam meredakan batuk.

Efektivitas madu juga didukung oleh studi lain yang menyebut bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Oleh sebab itu, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan .

3. Bawang putih

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Anda dianjurkan untuk mengunyahnya.

Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit.

Jika tidak sanggup untuk memakannya mentah-mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah dalam kondisi mentah.

4. Sup hangat

Jangan pernah menganggap bahwa makanan yang enak tidak bisa dijadikan obat. Faktanya, sup hangat dengan kaldu ayam atau daging bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan meskipun tenggorokan sakit. Dengan mengonsumsi makanan yang mudah dikonsumsi seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat terpenuhi, sekaligus mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

5. Teh hangat

Teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Mengonsumsi teh hangat dari jenis apa pun, entah herbal atau nonherbal, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar efeknya optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh.***

 

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here