Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaBenarkah Paparan Sinar Matahari Dapat Menurunkan Berat Badan?

Benarkah Paparan Sinar Matahari Dapat Menurunkan Berat Badan?

Bogordaily.net – Sejumlah riset menyebut paparan sinar sangat penting untuk pikiran dan tubuh. Selama musim panas atau kemarau, orang akan lebih banyak menghabiskan waktu di outdoor untuk mendaki, berlibur, berolahraga di alam terbuka.

Selain itu fakta baru terungkap dari menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports, sinar bisa memainkan peran utama dalam membakar lemak.

Secara khusus, cuaca panas menyebabkan pencernaan lebih lambat dan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Bahkan kondisi ini dapat memberi banyak peluang untuk membakar lemak perut dan mendukung tujuan penurunan .

Dikutip dari Peter Light, seorang penulis studi tersebut mengatakan paparan sinar yang kurang mungkin mempromosikan penyimpanan lemak dan berkontribusi pada kenaikan .

Sudah menjadi rahasia umum bahwa nutrisi dan olahraga adalah kunci untuk menghilangkan lemak perut yang tidak diinginkan, tetapi penelitian menunjukkan sinar juga dapat membantu pembakaran lemak.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health melaporkan ultraviolet memiliki kemampuan untuk mengurangi penambahan dan perkembangan disfungsi kardiometabolik pada tikus.

Selain itu, menurut studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Scientific Reports, paparan sinar mempengaruhi fungsi jaringan adiposa putih subkutan (scWAT) pada manusia. Sel-sel lemak putih ini ditemukan di bawah kulit atau di sekitar perut.

Peran utama mereka adalah untuk menyimpan dan melepaskan trigliserida. Tetapi, jika terlalu banyak disimpan, ini dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan gangguan kardiometabolik lainnya.

“Ketika panjang gelombang cahaya biru matahari (cahaya yang bisa kita lihat dengan mata kita) menembus kulit kita dan mencapai sel-sel lemak tepat di bawahnya, tetesan lipid berkurang ukurannya dan dilepaskan keluar dari sel,” ungkap Light.

“Dengan kata lain, sel-sel kita tidak menyimpan banyak lemak,” sambungnya seperti dilansir dari Health Digest, Selasa 13 September 2022.

Namun tetap saja, ketika berbicara soal beraktivitas di bawah sinaran matahari, Light mengingatkan untuk selalu mengenakan pelindung seperti topi, sunscreen dan lainnya.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here