Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingPatung Dewa Brahma Jadi Destinasi Wisata Baru di Bali, Ini Lokasinya

Patung Dewa Brahma Jadi Destinasi Wisata Baru di Bali, Ini Lokasinya

Bogordaily.net setinggi 13,5 meter dan lebar 9 meter di Banjar Dinas Pateh, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali, menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Bahkan, jika wisatawan menyaksikan dari bawah (parkiran) Patung ini mencapai tinggi 31 meter (termasuk pondasi).

Patung Brahma ini, merupakan salah satu yang terbesar di Bali, dan saat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Layaknya kebanyakan patung yang sengaja di dirikan di objek lainnya seperti Patung GWK () di Kabupaten Badung dan Patung Siwa yang terletak di Pura Malen Kabupaten Tabanan, I Gede Pawana Perbekel Desa Duda Timur mengatakan jika Kabupaten Karangasem juga tidak ingin kalah untuk mendirikan sebagai pelengkap Patung Tri Murti terbesar di Bali.

“Karena Patung Brahma belum ada yang buat sehingga kami buat itu di sini, supaya Patung Dewa Trimurti lengkap ada di Bali. Selain itu, juga ingin membuat destinasi baru di Desa Duda Timur,” kata Pawana dilansir Bukamata dari Detik Travel, Minggu, 25 September 2022.

Pawana menambahkan, sebenarnya awal perencanaan pembuatan Patung Brahma tersebut tidak sebesar sekarang, karena menyesuaikan anggaran. Tapi saat dibuat sketsa gambar ternyata besar. Akhirnya ia kembali melakukan rembuk atau musyawarah dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat.

“Setelah melakukan rembuk akhirnya disetujui dibuat sesuai sketsa gambar dan biaya tambahan yang lumayan besar saya perjuangkan untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga,” kata Pawana.

Semenjak berdirinya ini, diakuinya jika sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Jaga Satru, tidak hanya lokal bahkan wisatawan asing juga mulai melirik Jaga Satru sebagai salah satu tujuan destinasi .

“Tahun 2019, kita masih berproses, waktu itu belum pandemi, sudah ada 20 sampai 25 tamu asing yang datang berkunjung perharinya, meredup karena pandemi, dan sekarang Astungkara sudah mulai lagi ada wisatawan asing yang berkunjung ke Penglukatan Jaga Satru,” jelas Pawana.

Sekedar informasi, di Objek Air Terjun Jaga Satru Selat ini merupakan salah satu destinasi berkonsep spiritual, karena wisatawan juga dapat melaksanakan Penglukatan di tempat tersebut. Tersedia khusus tempat Penglukatan yang sudah didesain sedemikian rupa, sehingga indah dan nyaman untuk pengunjung.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here