Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaMeja Bundar Jadi Saksi, PBB Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Rusia

Meja Bundar Jadi Saksi, PBB Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Rusia

Bogordaily.net –  Dewan Keamanan (DK) PBB menggelar pertemuan untuk membahas kemungkinan sabotase berdasarkan dugaan Denmark dan , usai munculnya laporan kebocoran Nord Stream di .

Menteri Luar Negeri Ann Linde menyatakan, jika negaranya dan Denmark diminta untuk menghadiri pertemuan tersebut untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang kebocoran yang terjadi di dekat zona ekonomi ekslusif (ZEE) ke dua negara.

“Seperti yang telah diberitahukan oleh Presiden DK PBB Prancis kepada kami hari ini bahwa pihak telah meminta pertemuan kepada DK PBB untuk membahas soal kebocoran Nord Stream dan akan digelar Jumat, 30 September 2022,” ujarnya pada konferensi pers, seperti dimuat RMOL, Jumat 30 September 2022.

Melalui Telegramnya, Perwakilan untuk PBB, Dimitry Polyanskiy, mengumkan bahwa pertemuan itu akan digelar pada Jumat pukul 3 sore waktu setempat di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat.

Kebocoran Jalur pipa Nord Stream 1 dan 2 cukup menarik banyak perhatian karena telah menjadi sumber ketegangan politik, saat mengancam akan mengurangi hingga menghentikan pasokan gasnya ke Eropa, sebagai balasan dari sanksi ekonomi.

Denmark dan sebagai negara yang perairannya dekat dengan sumber kebocoran Nord Steram, melakukan penyelidikan lebih lanjut dan menemukan bahwa kebocoran tidak disebabkan oleh hantaman jangkar, melainkan oleh ledakan yang disengaja.

Indikasi sabotase kemudian banyak diperbincangkan dan aksi saling tuding juga tidak bisa dihindari. Sehari setelah pengumuman kebocoran, dan AS membantah terlibat dengan dugaan tersebut.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here