Friday, 26 April 2024
HomeNasionalPencipta Mangkok Ayam Jago yang Legendaris

Pencipta Mangkok Ayam Jago yang Legendaris

Bogordaily.net – Tahukah Anda siapa pencipta mangkok Ayam Jago yang legendaris? Mangkok Ayam Jago ini merupakan mangkok ikonik yang begitu populer hingga sekarang.

Yang biasanya identik dengan makan bubur atau mie ayam. Mangkok ini ternyata sudah ada sejak satu abad lalu. Daerah asalnya adalah Guangdong, China.

Lantas siapa pencipta mangkok Ayam Jago yang legendaris ini?

Penciptanya adalah orang Hakka yang secara individual mencetak dan melukisnya dengan tangan. Jadi, Mangkok Ayam Jago yang asli hanya ada satu yaitu yang pertama dibuat. Namun, Seiring waktu mangkok lainnya dilukis dengan beberapa. Mulai dari ukuran hingga coraknya.

Itulah kenapa sampai hari ini, kita melihat begitu banyak varian dari desain ini. Jika menelaah makna filosofisnya, ‘ayam’ dalam bahasa Hakka memiliki pengucapan yang mirip dengan ‘rumah’ atau ‘keluarga’.

Melansir pikiranrakyat.com dari Says melaporkan, orang-orang percaya bahwa makan memakai Mangkok Ayam akan mendatangkan kemakmuran bagi keluarga. Ayam jago juga melambangkan kerja keras, semangat juang, dan keluarga sejahtera.

Desain gambar Mangkok Ayam biasanya terdiri atas tiga motif berbeda yaitu ayam jago berekor hitam dengan leher merah, bunga peony merah, dan daun pisang hijau.

Masih menurut Says, masyarakat China yang patriarki pada masa itu lebih menyukai laki-laki daripada perempuan, karena melahirkan anak laki-laki berarti berkah besar bagi keluarga.

Masyarakat Hakka biasanya membeli Mangkok Ayam untuk anak laki-laki mereka dan mengukir namanya atau tanda unik di atasnya.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here