Plt. Bupati Bogor Sebut Cijeruk Sebagai Sentra Bibit Durian

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor · 1 Sep 2022 15:10 WIB

Plt. Bupati Bogor Sebut Cijeruk Sebagai Sentra Bibit Durian


 Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan melakukan kegiatan rutin Bogor Keliling atau Saba Desa ke wilayah Kecamatan Cijeruk, pada Selasa, 30 Agustus 2022. (Diskominfo Kab Bogor/Bogordaily.net) Perbesar

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan melakukan kegiatan rutin Bogor Keliling atau Saba Desa ke wilayah Kecamatan Cijeruk, pada Selasa, 30 Agustus 2022. (Diskominfo Kab Bogor/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Turun langsung menyapa masyarakat dan meninjau langsung hasil program pembangunan di wilayah Kecamatan Cijeruk, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatusadiyah Iwan kembali melakukan kegiatan rutin Bogor Keliling atau Saba Desa ke wilayah Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati Bogor menegaskan bahwa wilayah Kecamatan Cijeruk akan dijadikan sebagai sentra bibit durian di Kabupaten Bogor, hal itu diungkapkan Plt. Bupati Bogor saat melakukan Boling di wilayah Kecamatan Cijeruk, pada Selasa, 30 Agustus 2022.

“Besarnya potensi pertanian durian di wilayah Kecamatan Cijeruk ini, bisa kita jadikan sebagai sentra durian seperti di Medan. Jadi kalau ada wisatawan yang datang ke Kabupaten Bogor ingin mencicipi durian bisa diajak ke Cijeruk,” ungkap Plt. Bupati Bogor.

Tambah Iwan Setiawan, tidak hanya potensi pertanian durian saja, pertanian lain juga cukup potensial seperti nanas, juga adanya rencana pembangunan rest area Cijeruk maka wilayah Cijeruk ini sangat potensial untuk dijadikan sentra wisata makan durian.

“Maka perlu pembinaan yang maksimal kepada para petani di Cijeruk ini, menuju petani modern dan petani millenial, agar mereka memiliki kemampuan yang baik tidak hanya dalam proses pertaniannya saja, tapi dari packaging, hingga pemasarannya juga baik,” terang Plt. Bupati Bogor.

Ditempat yang sama, Camat Cijeruk, Bangun Septa Siswa mengatakan, bahwa wilayah Cijeruk memiliki produk petani unggulan dan jadi primadona yakni durian. Beberapa daerah lain tidak sedikit yang mengambil bibit buah durian ke wilayah Kecamatan Cijeruk.

“Kalau daerah lain saja menanam dengan bibit dari kami, kenapa tidak kita coba menanamnya. Bahkan saya minta setiap warga bisa menanam minimal satu pohon durian. Alhamdulilah selain dari bibit kami juga menuai hasil dari buahnya,” ujar Camat Cijeruk.

Selanjutnya, perwakilan Kelompok Tani Muda Berkah Desa Palasari Kecamatan Cijeruk, Endang Supriatna menyatakan, sejak dekade 80-an pertanian bibit durian telah ada di Desa Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Seiring waktu, sentra pertanian bibit durian semakin berkembang dan menjadi mata pencaharian masyarakat Kecamatan Cijeruk. Menurutnya saat ini pertanian bibit durian tersebar tidak hanya di Desa Palasari bahkan di beberapa desa wilayah Kecamatan Cijeruk.

“Alhamdulilah banyak pihak dari luar yang belajar kepada kami, salah satunya dari Majalengka. Di kesempatan yang baik ini, kami mohon bantuannya kepada Plt. Bupati Bogor untuk dapat mensupport pertanian kami. Baik dalam bentuk penjualan atau pemasarannya, kami sangat berterima kasih atas kehadiran Plt. Bupati Bogor ke wilayah kami, semoga bisa memicu semangat kami para petani agar bisa optimal dalam menghasilkan produk pertanian unggulan Cijeruk Kabupaten Bogor,” tutur Ending.

Untuk diketahui, Beberapa agenda kegiatan yang dilakukan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan pada kegiatan Boling kali ini yakni, menyambangi Kelompok Tani Muda Berkah di Desa Palasari, Penyerahan STB (Set-Top Box) secara simbolis kepada warga Kecamatan Cijeruk, meninjau langsung rencana pembangunan rest area Desa Palasari sekaligus melakukan penanaman bibit pohon Durian Hitam dan alpukat.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Bogor juga melakukan peninjauan langsung ke salah satu pelaku UMKM atau pengrajin sepatu dan sandal Tiara Shoes Desa Cipelang, dan pelaku UMKM atau pengrajin manisan pala di Desa Warungmenteng.

Kemudian dilanjutkan dengan meninjau langsung Gedung Olahraga Desa Cibalung, penyerahan bibit tanaman dan kambing kepada kelompok tani, serta melakukan pemberian vaksinasi kepada hewan ternak, lalu diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan bantuan UMKM di Desa Cijeruk.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jaringan Pengedaran Narkoba di Kabupaten Bogor Ada 17 Kecamatan, Ini Lokasinya  

2 Desember 2022 - 15:01 WIB

Operasi Antik Lodaya di Kabupaten Bogor, 40 Tersangka Kasus Narkoba Ditangkap

2 Desember 2022 - 14:24 WIB

Pemkab Bogor Kasih Bonus Atlet Sea Games Dan ASEAN Para Games Tahun 2021

2 Desember 2022 - 10:43 WIB

Pemkab Bogor Kasih Bonus Atlet Sea Games Dan ASEAN Para Games Tahun 2021

Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor Hari Ini, Jumat, 2 Desember 2022

2 Desember 2022 - 06:34 WIB

Perpanjang SIM Kabupaten Bogor

Ada Dugaan ‘Sunat’ Dana Bansos di Kecamatan Megamendung, Ini Tanggapan Camat

1 Desember 2022 - 17:01 WIB

Hendak Ambil Bansos, Warga Cigudeg Meninggal Dunia

1 Desember 2022 - 16:50 WIB

bansos meninggal Dunia
Trending di Kabupaten Bogor