Polisi Tetapkan Dua Tersangka dalam Kasus Sekolah At-Taufiq

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Kota Bogor · 2 Sep 2022 14:20 WIB

Polisi Tetapkan Dua Tersangka dalam Kasus Sekolah Islam Terpadu At-Taufiq


 Aparat kepolisian telah menetapkan dua orang tersangka dalam konflik yang terjadi di Sekolah Islam Terpadu At Taufiq. Perbesar

Aparat kepolisian telah menetapkan dua orang tersangka dalam konflik yang terjadi di Sekolah Islam Terpadu At Taufiq.

Bogordaily.net – Berdasarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), Polisi telah menetapkan dua tersangka dalam perkara tindak pidana menempati tanah dan memasuki pekarangan tanpa ijin, yang memicu konflik di Sekolah Islam Terpadu At-Taufiq. Hal itu disampaikan Kuasa Hukum Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor (YAAB) Mu’adz Masyhadi, dalam keterangan persnya yang diterima bogordaily.net, Jum’at 2 September 2022.

Mu’adz menyampaikan penetapan dua tersangka itu menunjukan perkembangan yang sangat positif dan signifikan terhadap proses Laporan Polisi Nomor: LP/798/X/2021/JBR/POLRESTA BOGOR KOTA tertanggal 19 Oktober 2021. Pelaporan tersebut lanjut Mu’az, dilakukan oleh Fauzi Thalib sebagai Ketua Yayasan AL-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bogor.

Selanjutnya Mu’az menjelaskan laporan perkara tindak pidana menempati tanah dan memasuki pekarangan tanpa ijin sesuai dengan Pasal 167 KUHP.

“Bahwa perkembangan yang sangat signifikan yaitu telah ditetapkannya 2 orang sebagai berikut. Pertama Saudara Said Awad Hayaza, sedangkan yang kedua Syarief Ahmad Abdul Kadir,” kata Mu’az.

Perlu diketahui Said Awad Hayaza adalah Pembina Yayasan At-Taufiq Bogor (YATIB) dan Syarief Ahmad Abdul Kadir sebagai Ketua Yayasan At-Taufiq Bogor (YATIB).

Kuasa Hukum Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor (YAAB) Mu’adz Masyhadi.

Lebih rinci Mu’az menjelaskan, penetapan tersangka tersebut setelah dilakukan Gelar Perkara Khusus. Pada 22 Agustus 2022.

“Menurut info yang kami terima, pihak penyidik telah melayangkan surat pemanggilan sebagai tersangka terhadap kedua tersangkat tersebut,” tegas Mu’adz Masyhadi, seorang advokat yang berkantor di Jakarta dan Bali.

Selanjutnya Mu’adz menguraikan bahwa tindak pidana memasuki tanah dan pekarangan tanpa izin terjadi pada 18 Oktober 2021 di Tempat Kejadian Perkara, Sekolah Islam Terpadu At-Taufiq yaitu di SD, SMP.

“Diatasnya berdiri sebuah Masjid dan keseluruhan sertifikatnya telah bersertifikat wakaf atas nama Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor,” ujar Mu’az.

Selanjutnya Mu’adz menegaskan bahwa penetapan tersangka kepada 2 orang tersebut di atas mengarah kepada sebuah kepastian hukum.

Hal ini merupakan kabar yang ditunggu-tunggu dan menggembirakan untuk orangtua murid dan para guru-guru serta para karyawan sekolah Islam Terpadu At-Taufiq dari tingkat SD sampai SMP.

“Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor (YAAB) sebagai pemilik izin operasional dan penyelenggaranya,” terang Mu’az.

Penetapan tersangka tersebut ujar Mu’az, menjadi berita kemenangan buat warga Irsyadin, para orang tua murid (OTM) serta para guru yang berada di sekolah Islam Terpadu At-Taufiq dari tingkat SD sampai SMP.

Selanjutnya Mu’adz menguraikan selain laporan tentang memasuki tanah dan pekarangan tanpa izin, Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor juga melaporkan kasus pengrusakan.

“Oleh karena itu, maka ke depan akan muncul tersangka-tersangka baru atas pengrusakan tersebut,” paparnya.

Oleh karena itu Mu’adz mengingatkan, semua pihak jika melakukan kegiatan di tanah wakaf yang atas nama Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor yang terdiri dari SD, SMP dan masjid maka harus seizin nadzhir yaitu Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor.

“Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor berhak melarang dan mengizinkan siapa saja untuk melakukan kegiatan diatas tanah wakaf tersebut,” tegas Mu’az.

Selanjutnya, Mu’adz mengingatkan kepada semua pihak jika memaksakan kehendak untuk melakukan kegiatan di tanah wakaf tersebut tanpa izin dari Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor, maka hal tersebut merupakan tindak pidana, kata advokat yang saat ini sebagai Ketua Majelis Wakaf dan Yayasan di DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Perhimpunan Al-irsyad.

“kami memberikan apresiasi kepada Penyidik yang telah berusaha maksimal melakukan proses penyelidikan, penyidikan hingga penetapan tersangka. Proses tersebut adalah sebuah penegakan hukum yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kami yakin proses tersebut dapat dilakukan hingga proses pengadilan,” papar Mu’az.

Saat ini, lanjut Mu’adz, tim hukum Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor telah mempersiapkan upaya-upaya hukum dan langkah-langkah hukum kepada pihak yang telah merugikan Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Bogor.

Menurutnya ada pihak yang mengatakan Sekolah Islam Terpadu At-taufiq tidak kondusif dan secara terang-terangan telah mengusulkan kepada instansi terkait untuk dilakukan KBM (kegiatan belajar mengajar) online dengan alasan tidak kondusif.

“Padahal fakta yang terjadi di Sekolah Islam Terpadu At-taufiq baik tingkat SD dan SMP telah benar-benar terlihat kondusif. Oleh karena itu Mu’adz mengingatkan semua pihak untuk jangan sekali-sekali menyebar hoax (menyebarkan berita bohong) yang menyatakan atau menyebarkan berita sekolah kami tidak kondusif,” pungkas Mu’az.***

Artikel ini telah dibaca 1,600 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Perkumpulan Gagas Nusantara Gelar Diskusi tentang Polemik Kenaikan BBM

1 Oktober 2022 - 15:55 WIB

Kodim 0606 Kota Bogor Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2022 - 14:51 WIB

Camat Tanah Sareal Sahib Khan dan Petugas Gabungan Patroli Miras, Ini Hasilnya

1 Oktober 2022 - 10:35 WIB

Dinkes Kota Bogor Ajak Warga Imunisasi Anak

1 Oktober 2022 - 10:21 WIB

Keren! Alat Musik Serba Bambu Produksi LPSN Bogor Tembus Pasar Mancanegara

1 Oktober 2022 - 10:08 WIB

Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bogor, Sabtu 1 September 2022

1 Oktober 2022 - 07:30 WIB

Trending di Kota Bogor