Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPresiden Joe Biden Sebut Pandemi Covid-19 di AS Sudah Berakhir

Presiden Joe Biden Sebut Pandemi Covid-19 di AS Sudah Berakhir

Bogordaily.net  Meskipun (AS) masih harus berurusan dengan Covid-19, Presiden AS menyebut pandemi di negaranya sudah berakhir.

Menurutnya, pemerintah AS tetap terus mengatasi Covid-19, walaupun virus itu tetap menjadi masalah tapi Biden mengatakan bahwa pandemi Covid di telah berakhir. Ini karena ia melihat diberbagai aktifitas sudah banyak orang yang tidak menggunakan masker dan mereka pun tampak terlihat sehat, jadi dapat disimpulkan situasi dan kondisi semuanya sudah berubah kembali normal.

“Pandemi sudah berakhir. Kami masih punya masalah dengan Covid. Kami masih mengatasinya, tapi pandemi sudah berakhir,” ujar dalam acara bincang-bincang di CBS, seperti dikutip CNN Indonesia via AFP, Senin, 19 September 2022.

Biden berjalan di Detroit Auto Show dan menunjuk ke sekitar aula acara tersebut.

“Jika kalian lihat, tak ada lagi orang menggunakan masker. Semua orang tampaknya sehat, jadi rasa semuanya sudah berubah,” kata Biden.

Namun, tak menjabarkan lebih lanjut data mengenai tren penularan Covid-19 di AS dan bukti bahwa pandemi di negaranya sudah berakhir.

Senada dengan Biden, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan akhir pandemi Covid-19 sudah di depan mata.

Dari data Universitas Johns Hopkins yang dirujuk CNN, kasus Covid-19 di AS berangsur turun dalam dua pekan belakangan, hingga mencapai sekitar 65 ribu kasus per hari.

Dari puluhan ribu kasus itu, sebagian besar bergejala ringan. Meski demikian, rata-rata kematian harian akibat Covid-19 di AS masih mencapai 400 orang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS pun menyatakan bahwa mereka kini lebih berfokus pada perawatan pasien bergejala parah ketimbang jaga jarak dan karantina. Pasien Covid yang memiliki gejala parah akan lebih diutamakan oleh para petugas kesehatan , ini bertujuan untuk terus menekan angka kasus Covid agar tidak terjadi kenaikan kasus.

Sementara itu pernyataan Biden diungkapkan beberapa pekan setelah pemerintahan Biden meminta dana miliaran dolar ke Kongres AS untuk program tes dan vaksin mutakhir Covid-19 menjelang musim gugur.***

 

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here