Tuesday, 7 February 2023
HomeInternasionalMic Masih On, Presiden Korsel Yoon Suk-yeol Keciduk Hina AS

Mic Masih On, Presiden Korsel Yoon Suk-yeol Keciduk Hina AS

IIMS

Bogordaily.net – Heboh video menunjukkan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol menghina Kongres AS, dengan menyebut mereka “idiot”. Sehingga banyak yang menilai akan terjadi bencana diplomatik di antara keduanya.

Semua berawal dari pertemuan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol dan Presiden AS Joe Biden di konferensi dana global di New York, Amerika Serikat (AS) pada Kamis, 22 September 2022.

Ketika itu, Biden berkomitmen untuk menggelontorkan 6 miliar dolar AS sebagai kampanye kesehatan masyarakat dalam memerangi AIDS, TBC, dan malaria di seluruh dunia.

Di Amerika, anggaran tersebut membutuhkan persetujuan dari Kongres.

Kemudian muncul sebuah video yang menampilkan Yoon sedang berbicara dengan ajudan-ajudannya sesaat setelah meninggalkan pertemuan.

“Akan sangat memalukan bagi Biden jika para idiot ini tidak meloloskannya di Kongres,” ujar Yoon dalam video tersebut yang sontak menjadi viral di Korea Selatan.

Kantor kepresidenan Korea Selatan langsung membantah bahwa pernyataan Yoon ditujukan kepada Kongres AS. Jurubicaranya, Kim Eun-hye mengatakan Yoon juga tidak menyebut nama Biden dan itu merupakan bahasa Korea yang terdengar mirip dengan nama presiden AS.

Alih-alih, Kim Eun-hye mengatakan, pernyataan Yoon mengacu pada parlemen Korea Selatan, dan bukan Kongres AS.

Meski telah diklarifikasi, video tersebut masih membuat heboh warga Korea Selatan.

Pemimpin oposisi dari Partai Demokrat, Park Hong-geun menyebut klarifikasi dari kantor kepresidenan tidak masuk akal, dan hanya berusaha menutupi “bencana diplomatik”.

Sementara itu, pihak AS enggan mengomentari video tersebut.

Yoon merupakan mantan jaksa yang terpilih menjadi presiden Korea Selatan dan baru menjabat pada Mei lalu. Ia seorang pemula di dunia politik yang belum pernah memegang jabatan terpilih sebelumnya, dan tidak memiliki pengalaman dalam kebijakan luar negeri.

Kehadiran Yoon di AS untuk menghadiri rangkaian Sidang Majelis Umum ke-77 PBB.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor