Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaProfil Jordi Amat, Bakal Jadi Tombak Pertahanan Tim Garuda

Profil Jordi Amat, Bakal Jadi Tombak Pertahanan Tim Garuda

Bogordaily.net – Proses Jordi Amat telah disetujui oleh DPR RI. Pengalamannya ini diyakini mampu memperkuat pertahanan tim Garuda, berikut ini dan perjalanan Jordi Amat di dunia sepak bola.

Jordi Amat memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Makassar. Oleh karena itu, Jordi Amat menjadi salah satu pemain yang masuk proyek Timnas Indonesia.

Berkaca pada pemain yang pernah dinaturalisasi Indonesia, Jordi Amat merupakan yang paling meyakinkan. Dia bukan pemain yang sekadar bermain di Eropa. Tim-tim yang dibelanya punya nama besar.

Jordi Amat pernah bermain di Loga Spanyol, dan Liga Inggris bersama Swansea.

Dirinya tumbuh besar sebagai pemain dari akademi Espanyol. Sepuluh tahun dia menjadi bagian dari tim muda Espanyol hingga kemudian diberi kesempatan masuk tim senior pada LaLiga 2009/2010.

Jordi Amat mencatakan debut di LaLiga dalam laga melawan Real Mallorca, 24 Januari 2010. Satu tim dengan Jose Callejon hingga Luis Garcia, Jordi Amat masuk sebagai pemain pengganti. Dia menggantikan Moises Hurtado menit ke-82.

Tiga musim dia habiskan bersama tim senior Espanyol, sebelum kemudian dipinjamkan ke Rayo Vallecano. Di tim ini, Jordi Amat menjelma sebagai bek tangguh yang memikat banyak tim.

Tim Liga Inggris, Swansea City akhirnya jadi pelabuhan baru Jordi mulai musim 2013/2014. Mengutip data Soccerway, Swansea City rela merogoh kocek hingga 2,9 Juta Euro.

Jordi Amat punya perjalanan panjang di Liga Inggris. Bek 30 tahun ini berseragam Swansea City dari musim 2013/14 hingga 2016/17. Jordi menjadi opsi untuk pos bek tengah di skuat Michael Laudrup.

Pada musim 2014/15, Swansea City mencatatkan prestasi bagus. Meski tak diunggulkan, mereka mengakhiri musim dengan menduduki peringkat delapan.

Pengalaman empat musim di Liga Inggris membuat Jordi Amat kembali ke LaLiga Spanyol dengan percaya diri. Jordi menjadi bek tak tergantikan di setiap tim yang dibelanya.

Jordi Amat menambah pengalaman dengan bermain di negara lain. Setelah Inggris dan Spanyol, Jordi Amat menerima pinangan KAS Eupen yang bermain di kompetisi teratas Liga Belgia.

Bersama KAS Eupen, Jordi Amat lagi-lagi tak tergantikan. Dalam tiga musim, Jordi Amat konsisten sebagai pilihan utama. Bek bertinggi 184 sentimeter ini juga mencatatkan dua gol untuk KAS Eupen.

Setelah tiga tahun di Belgia, Jordi Amat pilih mencari pelabuhan lain. Kabarnya, Jordi Amat akan bermain di Asia, tepatnya Liga Malaysia. Gosipnya, langkah ini dilakukan agar Jordi Amat bisa lebih dekat dengan Indonesia.

Berikut secara singkat biodata Jordi Amat:

Nama: Jordi Amat Maas
Tempat lahir: Barcelona, Spanyol.
Tanggal lahir: 21 Maret 1992
Usia atau umur: 30 tahun
Tinggi: 1,84 cm
Posisi: bek tengah
Klub saat ini: KAS Eupen
Klub yang pernah dibela:
1. Espanyol
2. Rayo Vallecano
3. Swansea
4. Real Betis.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here