Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaProfil Liz Truss Pengganti Boris Johnson Sebagai Perdana Menteri Inggris

Profil Liz Truss Pengganti Boris Johnson Sebagai Perdana Menteri Inggris

Bogordaily.net terpilih jadi baru mengganti Boris Johnson dari Partai Konservatif, ia mengalahkan pesaingnya yakni mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak.

Nama hari ini menjadi perbincangan karena baru saja terpilih menjadi yang baru. Wanita berusia 47 tahun itu sebelumnya menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris.

Dikutip dari ANTARA, dinyatakan memenangi pemungutan suara anggota Partai Konservatif dengan perolehan 81.326 suara berbanding 60.399 suara.

Hasil pemungutan suara parlemen menunjukkan, Truss memperoleh suara sebesar 57,4% sementara Sunak 42,6%. Ia pun resmi menjadi perdana menteri keempat Inggris dari Partai Konservatif.

Sebagai informasi Boris Johnson, yang terpaksa mengumumkan pengunduran dirinya pada Juli setelah skandal berbulan-bulan membuat dukungan untuk pemerintahannya terkuras dan para menteri mundur untuk memaksanya mundur.

Lalu siapa sosok pengganti Boris Johnson sebagai terpilih dari Partai Konservatif.

yang memiliki nama lengkap Mary Elizabeth Truss lahir di Oxford pada tahun 1975. Liz Truss adalah anak dari ayah yang merupakan seorang profesor matematika, dan ibunya seorang perawat.

Masa kecilnya, ibunya disebut pernah ikut serta dalam pawai Campaign for Nuclear Disarmament, organisasi yang keras menentang keputusan pemerintah Thatcher untuk memberi izin pemasangan hulu ledak nuklir AS di RAF Greenham Common, wilayah barat kota London.

Kemudian, keluarga Truss pindah ke Paisley, tepat di sebelah barat Glasgow, ketika usianya empat tahun. Lalu mereka pindah ke Leeds, yaitu tempat Liz Truss bersekolah di Roundhay, sekolah menengah negeri.

Liz Truss berhasil masuk Universitas Oxford, tempat ia belajar filsafat, politik, dan juga ekonomi serta aktif dalam politik mahasiswa, awalnya untuk Partai Demokrat Liberal.

Di Oxford, Liz Truss kemudian pindah ke partai Konservatif. Setelah lulus, Liz Truss bekerja sebagai akuntan untuk Shell, dan Cable &Wireless. Lalu ia menikah dengan sesama akuntan Hugh O'Leary pada tahun 2000, dan memiliki dua orang anak.

Rekam Jejak Karir Liz Truss

Persinggungan Liz Truss dengan jabatan Perdana Menteri dimulai pada ia berusia tujuh tahun, dengan memerankan Margaret Thatcher dalam sandiwara pemilu di sekolahnya. Margaret Thatcher adalah seorang Perdana Nenteri Inggris perempuan yang pertama.

Namun, tidak seperti Perdana Menteri yang memenangkan suara mayoritas pada tahun 1983, Liz Truss kalah dalam pemilihan tersebut. Hingga bertahun-tahun kemudian, Liz Truss mengenang momen itu.

Lalu 39 tahun kemudian, Liz Truss menyabet kesempatan untuk benar-benar mengikuti jejak sang Iron Lady dengan menjadi pemimpin Partai Konservatif dan .

Dilansir dari berbagai sumber, Liz Truss yang merupakan perempuan yang saat ini menjabat sebagai menteri luar negeri itu berada di belakang mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak dalam lima putaran pemungutan suara oleh para anggota parlemen Partai Konservatif.

Namun para pengamat memilih Liz Truss sebagai kandidat favorit untuk menang, karena ia telah menghabiskan bertahun-tahun untuk membangun hubungan dengan asosiasi konstituensi dan tetap setia kepada Boris Johnson selama hari-hari tergelapnya waktu ia menjabat sebagai Perdana Menteri.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Liz Truss yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here