Friday, 29 March 2024
HomeNasionalStartup Gadjian Tingkatkan Kemampuan Penyandang Difabel Melalui Program Beasiswa Chartered People Officer

Startup Gadjian Tingkatkan Kemampuan Penyandang Difabel Melalui Program Beasiswa Chartered People Officer

Bogordaily.net – Startup pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) berkolaborasi dengan Pungki Purnadi Academy telah berhasil menyelenggarakan program sertifikasi pengelolaan SDM dan bisnis, Chartered People Officer (CPO) pada Juli hingga Agustus lalu.

Dalam program ini, membuka kesempatan bagi beberapa peserta , salah satunya dari kalangan , untuk mengembangkan kemampuan dan mempersiapkan mereka menghadapi bursa persaingan kerja dan bisnis.

Program dalam sertifikasi ini dibuka dengan tujuan untuk mendukung program SDM Indonesia Unggul yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Selain itu diharapkan agar dengan adanya ini, penyandang lebih termotivasi dan mudah mendapatkan akses edukasi bisnis dan pengelolaan SDM yang berkualitas untuk mengembangkan bisnis yang mereka rintis.

Menurut data laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia, hingga April 2022 terdapat sekitar 17 juta orang difabel di Indonesia yang memasuki usia produktif, namun hanya 7,6 juta orang yang bekerja atau hanya sebesar 5,37% dari total tenaga kerja aktif di Indonesia.

Yanwar Hidayat, salah satu penerima penyandang tuna daksa yang saat ini aktif bekerja di salah satu perusahaan swasta di Bandung, membagikan kisahnya di tengah sesi pembelajaran mengenai regulasi ketenagakerjaan Indonesia.

“Berdasarkan UU Nomor 8/2016, penyandang disabilitas berhak memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta tanpa diskriminasi. Bahkan, perusahaan wajib menyediakan kuota setidaknya dua persen dari keseluruhan karyawan untuk kalangan difabel,” ujarnya.

“Selain itu perlu disediakan pula fasilitas yang mendukung baik dari akses jalan atau tata ruang yang inklusif bagi penyandang disabilitas,” tambah Yanwar.

Namun, pada kenyataannya Yanwar menjelaskan bahwa ia pernah menerima diskriminasi berupa penolakan saat proses seleksi penerimaan kerja.

Dalam wawancara terpisah, Yanwar juga membagikan rasa bahagianya karena bisa mendapatkan untuk program sertifikasi Chartered People Officer (CPO).

“Saya pernah beberapa kali menjadi pembicara atau motivator bagi rekan-rekan penyandang difabel di Bandung. Saya harap dengan saya mengikuti program CPO, saya dapat meningkatkan skill saya dan membantu rekan-rekan difabel untuk lebih percaya diri memasuki bursa pencarian kerja dan meningkatkan jenjang karirnya,” kata Yanwar.

“Kami ingin hadir di tengah masyarakat tidak hanya menghadirkan teknologi pengelolaan SDM, namun juga membantu masyarakat tanpa terkecuali termasuk penyandang difabel dengan memberikan akses edukasi mudah dan terjangkau terkait pengelolaan SDM dan bisnis. Program edukasi ini tidak berhenti dan akan terus kami jalankan agar semakin banyak masyarakat Indonesia berhasil menjadi SDM Unggul,” ucap Afia Fitriati, CEO & Co-Founder .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here