ChildFund Dukung Kabupaten Bogor Ramah Anak

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kabupaten Bogor · 28 Sep 2022 17:38 WIB

Program Safe School, ChildFund Dukung Kabupaten Bogor Ramah Anak


 Simulasi Bencana Kebakaran di SDN Pakansari Kampung Curug, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (Mutia/Bogordaily) Perbesar

Simulasi Bencana Kebakaran di SDN Pakansari Kampung Curug, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. (Mutia/Bogordaily)

Bogordaily.net – Lembaga Pemerhati Anak ChildFund International di Indonesia bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Kabupaten Bogor, difasilitasi Yayasana Warga Upadaya. Menggelar program Safe School berupa simulasi penanganan bencana kebakaran di SDN 02 Pakansari, Kampung Curug, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Rabu, 28 September 2022.

Safe School merupakan program sekolah aman dari ChildFund yang  berkordinasi dengan stakeholder, terutama dari unsur Dinas Pendidikan Kab. Bogor. Melalui program tersbut lembaga pemerhati anak ChildFund Internasional di Indonesia, ingin mendukung Disdik Kab Bogor untuk mewujudkan Kabupaten Bogor, menjadi kabupaten yang ramah anak.

Sebelum memulai kegiatan, siswa-siswi dari SDN Pakansari 02 berkumpul terlebih dahulu di ruang kelas. Supaya lebih riang, para murid diberi air mineral serta juga kudapan roti untuk dinikmati.

Dihadapan 170 siswa siswi, petugas Damkar Kab. Bogor secara cekatan menjinakkan kobaran api yang menyembur dari selang gas. (foto: Mutiya/bogordaily.net)

Selanjutnya, di hadapan para siswa jajaran Yayasan Waga Upadaya dan Lembaga Pemerhati Anak ChildFund International di Indonesia, begantian menyampaikan pemahaman betapa pentingnya jika semua orang sadar mengenai Mitigasi.

Kesadaran mengenai Mitigasi, akan memperkecil resiko bencana. Para murid dan peserta lainnya yang hadir meliputi guru serta orang tua murid,  mendapat sejumlah tips mengenai tindakan yang semestinya dilakukan, jika terjadi bencana. Kali ini yang ditekankan, penanganan seandainya terjadi bencana kebakaran.

Tidak hanya paparan secara lisan, pemahan membangun kesadaran mengenai kebencanaan, dipertegas oleh visualisasi simulasi yang dilakukan para petugas Damkar Kabupaten Bogor.

Tepat pukul 12.00 WIB, 170 murid menyaksikan langsung proses petugas Damkar menjinakan api saat tejadi kebakaran. Tentu saja saat melihat aksi petugas Damkar, para murid sangat terpukau. Mereka takjub, dalam sejurus kobaran api bisa padam. Tak heran jika pada murid antusias mengikuti jalannya kegiatan dari awal hingga akhir.

“Jadi Kegiatan hari ini sebenarnya bagian dari program yang sudah kami jalankan selama kurang lebih satu tahun terakhir. Salah satu intervensi yang kami lakukan yakni penguatan kapasitas dari pihak sekolah untuk penanganan bencana. Kegiatan simulasi kebakaran ini bagian dari rangkaian yang sudah berjalan,” Candra Dethan kepada tim Bogordaily.

Candra Dethan mengatakan program Safe School ChildFund ini baru diperkenalkan kepada 10 sekolah dasar di Kabupaten Bogor. Dirinya menjelaskan, dampak dari intervensi ini, bisa jadi pemicu atau trigger untuk direplikasikan di wilayah yang lain.

Sebagai lembaga pemerhati anak internasional yang ada di Indonesia, ChildFund sangat siap mendukung pemerintah supaya mereplikasikan hal tersebut dari modul, pendekatan, materi dan fasilitator, guru serta siswa yang sudah dilatih.

“Sebenarnya hal tersebut adalah aset dari pemerintah Kabupaten Bogor untuk menyebarkannya,” pungkasnya.

(Mutia Dheza Cantika/Diki Sudrajat)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, 29 November 2022, Cek di Sini

29 November 2022 - 06:56 WIB

jadwal sim keliling

Prakiraan Cuaca Bogor Hari Ini: Hujan Petir Sore Hari

29 November 2022 - 06:38 WIB

Cuaca Bogor Hari Ini 22 Oktober 2022.

Polsek Parung dan Ormas BPPKB Banten Ciseeng, Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

28 November 2022 - 19:31 WIB

bantuan gempa

172 Korban Terdampak Gempa Cianjur, Ngungsi di Kecamatan Cisarua

28 November 2022 - 18:26 WIB

Korban Gempa Cianjur

Pemkab Bogor Berikan Bantuan Sosial Untuk Korban Terdampak Gempa di Cianjur

28 November 2022 - 18:15 WIB

gempa di Cianjur

Jalan Sempit, Warga Tamansari Sakit Ditandu hingga Meninggal

28 November 2022 - 16:46 WIB

Trending di Kabupaten Bogor