Friday, 3 May 2024
HomeBeritaRaja Charles III Naik Takhta, Negara Ini Ingin Lepas dari Inggris

Raja Charles III Naik Takhta, Negara Ini Ingin Lepas dari Inggris

Bogordaily.net–  Setelah kepergian meninggal dunia Kamis, 8 September lalu,   naik takhta dan kini menjadi pemimpin kerajaan sekaligus kepala negara baru . Namun, Antigua dan Barbuda, sebuah negara pulau persemakmuran di Karibia, berencana menggelar referendum untuk menjadi negara republik dan lepas sepenuhnya dari dalam tiga tahun ke depan.

Dilansir CNN Indonesia, Perdana Menteri Antigua dan Barbuda, Gaston Browne, mengumumkan rencana referendum itu tak lama setelah memproklamirkan sebagai pemimpin kerajaan.

“Ini adalah masalah yang harus dibawa ke referendum mungkin dalam tiga tahun ke depan,” kata Browne kepada ITV News, dikutip Reuters, Senin, 12 September 2022.

Kalau referendum berlangsung dan mayoritas suara mendukung pemisahan, langkah tersebut bisa membuat Raja Charles III digulingkan sebagai kepala negara Antigua dan Barbuda.

Menurut Brown, menjadi negara republik adalah langkah terakhir demi menyempurnakan kemerdekaan dan memastikan Antigua dan Barbuda benar-benar sebuah bangsa yang berdaulat.

“[Menekankan referendum] bukan tindakan permusuhan,” kata dia.

Rencana ini juga disebut tidak akan melibatkan pensiun keanggotaan Persemakmuran. Negara kepulauan kecil di Karibia ini merdeka dari pada 1981. Sejak saat itu, Antigua dan Barbuda menjadi salah satu negara Persemakmuran yang menjadikan sebagai simbol kepala negara mereka.

Browne tak segera merespons saat ditanya Reuters terkait rencana referendum ini. Reuters juga tak bisa memverifikasi laporan referendum itu tersebut secara independen.

Menurut data, Antigua dan Barbuda memiliki populasi kurang dari 100 ribu jiwa. Kalau Browne muncul saat banyak wilayah di Karibia ingin menjadi republik.

Seperti Barbados yang pada 2021 menggelar pemungutan suara untuk melepaskan diri dari monarki . Di Jamaika, partai yang kini berkuasa juga mengisyaratkan hal serupa.

Namun, Browne tak menanggapi desakan luas masyarakat Antigua untuk mengadakan pemungutan suara.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here