Sunday, 28 April 2024
HomeBerita50 Tahun Bertakhta, Ratu Denmark Margrethe II Pemimpin Terlama setelah Ratu Elizabeth...

50 Tahun Bertakhta, Ratu Denmark Margrethe II Pemimpin Terlama setelah Ratu Elizabeth II

Bogordaily.net–  Ratu Margrethe merayakan 50 tahun bertakhta di .  Setelah Ratu Elizabeth II , Margrethe kini menjadi pemimpin kerajaan dengan kekuasaan terlama di Eropa. Wanita berusia 82 tahun itu menjadi satu-satunya perempuan di dunia yang memimpin kerajaan.

Dilansir Suara.com dari VOA Indonesia, Margrethe memerintahkan agar perayaan dilakukan secara sederhana, untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II yang mangkat pada Kamis 8 September 2022 lalu pada usia 96 tahun.

Ia meminta pengadilan untuk menyesuaikan program perayaan pada Sabtu 10 September 2022 dan Minggu, 11 September 2022. Salah satunya, dengan membatalkan penampilannya di balkon Istana Amalienborg untuk menyapa para warga dan parade keliling ibu kota , Copenhagen, dengan menaiki kereta kuda.

Perayaan tersebut mencakup misa di gereja dan jamuan makan siang oleh Margrethe di atas kapal kerajaan , Dannebrog, untuk para pasangan kerajaan dan para presiden dari negara-negara Nordik lain, yakni Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia.

Gala musik dan teater untuk menghormati kerajaan diadakan pada Sabtu, 10 September 2022 malam, sedangkan jamuan makan malam di Istana Christiansborg diadakan esoknya.

Sementara itu Margrethe diangkat sebagai ratu pada 15 Januari 1972, sehari setelah ayahnya, Raja Frederik IX, karena sakit.

Perayaan 50 tahun bagi itu tadinya akan diadakan pada Januari, tetapi kebanyakan acara dibatalkan atau ditunda karena pandemi Covid-19.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here