Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaReal Madrid Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia Versi Forbes

Real Madrid Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia Versi Forbes

Bogordaily.net – Majalah finansial Amerika Serikat (AS) merilis ranking 50 entitas olahraga paling berharga di dunia. Menurut ,  Real Madrid merupakan klub sepak bola paling berharga di dunia.

Penilaian tersebut dilihat dari seberapa tinggi nilai jual terakhir itu. Sehingga beberapa nama klub masuk dalam daftar paling berharga versi majalah di tahun 2022.

Juara Liga Champions 14 kali, Real Madrid sedikit di atas rival abadinya Barcelona dalam daftar klub sepak bola paling berharga di dunia.

Dari 15 entitas olahraga itu, Real Madrid ada di urutan ke-13 namun yang tertinggi sebagai klub sepak bola senilai 5,1 miliar dolar AS.

Beberapa nama lainnya juga tercatat masuk dalam klub sepak bola paling berharga menurut . Klub mana sajakah tersebut?

Klub Sepak Bola Paling Berharga Menurut

1. Paris Saint-Germain

Klub sepak bola paling berharga menurut Forbes diawali dari klub Paris Saint-Germain. Klub kaya raya Liga Prancis ini baru saja dinobatkan sebagai juara dalam kompetisi Ligue 1 usia unggul 16 poin dari pesaing terdekat Olympique Marseille.

Klub kaya milik triliuner, Nasser Al-Khelaifi, ini meroket harganya dengan nilai jual USD3.2 miliar atau sekitar Rp46,5 Triliun. Dengan pendapatan operasional di angka Rp1,48 Triliun di musim 2021-2022.

2. Manchester City.

Tempat kedua ditempati klub Liga Inggris, Manchester City. The Citizen baru saja berhasil meraih trofi Liga Inggris musim 2021-2022 usai menang dalam persaingan sengit dengan Liverpool.

Klub yang dimiliki taipan kaya raya asal Uni Emirat Arab,Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan ini memiliki nilai harga jual di angka USD4.25 miliar atau sekitar Rp61,1 Triliun. Dengan pendapatan operasional USD156 Juta atau sekitar Rp2,2 Triliun di tahun ini.

3. Bayern Munchen

Dalam beberapa dekade terakhir, Bayern Munchen menjadi klub penguasa sepakbola di tanah Jerman usai berhasil merengkuh trofi Bundesliga musim 2021-2022.

Klub berjuluk De Bavarian ini meraup pendapatan penghasilan di tahun ini yakni sebesar USD102 Juta atau di angka sekitar Rp1,48 Triliun. Klub Bayern Munchen ini memiliki nilai jual yang terbilang fantastis yakni di angka USD4.275 miliar atau sekitar Rp62,2 Triliun.

4. Liverpool

Liverpool berhasil kembali berjaya di Liga Inggris dan Liga Champions usai dilatih oleh salah satu pelatih dunia yakni Jurgen Klopp. Mereka mampu menjadi runner-up di Liga Inggris dan Liga Champions. Itu menjadi bukti mereka menjadi salah satu klub di dunia dalam sedekade ini.

Klub Liverpool yang dimiliki oleh John Henry dan Tom Werner ini memiliki nilai jual di angka USD4.45 miliar atau sekitar Rp64,7 Triliun. Adapun pendapatan operasional yang mereka dapat selama musim 2021-2022 ini di jumlah angka Rp1,5 Triliun.

5. Manchester United

Klub selanjutnya yang berharga versi majalah Forbes adalah klub Manchester United. Dalam hampir sedekade ini klub berjuluk The Red Devils ini memang kering prestasi usai tak lagi dilatih Sir Alex Ferguson. Namun hal itu tidak menjadikan klub ini turun harganya di pasaran.

Diketahui jika Manchester United memiliki nilai jual di angka sekitar Rp. 66,9 Triliun. Di musim 2021-2022 ini klub yang dimiliki keluarga Glazer ini meraup pendapatan operasional di angka USD128 juta atau Rp1,8 Triliun.

6. Barcelona

Barcelona berkurang kekuatan skuadnya setelah ditinggal pemain bintang mereka yakni Lionel Messi yang hijrah ke Paris Saint-Germain pada musim 2021 lalu.

Meskipun hanya sanggup menjadi runner-up di Liga Spanyol musim ini, ternyata mereka juga memiliki nilai jual yang terbilang tinggi yakni di angka USD5,1 Miliar atau di angka Rp74, 2 Triliun.

Klub berjuluk Blaugrana ini juga hanya meraup pendapatan operasional sebanyak USD17 Juta atau di angka Rp247 Miliar imbas dari hengkangnya Lionel Messi.

7. Real Madrid

Posisi teratas yang paling berharga versi majalah Forbes ditempati oleh Real Madrid. El Real sanggup mengawinkan trofi Liga Champions dan Liga Spanyol di musim 2021-2022.

Klub berjuluk Los Blancos ini dilansir dari Forbes memiliki harga yang sama dengan sang rival abadi yakni di angka USD5,1 Miliar atau Rp74,28 Triliun (kurs USD1= Rp14.566).(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here