Friday, 19 April 2024
HomeKulinerReview 5 Desert Khas Jepang yang Bikin Lidah Bergoyang. Pernah Nyoba?

Review 5 Desert Khas Jepang yang Bikin Lidah Bergoyang. Pernah Nyoba?

Bogordaily.net – Review 5 desert khas Jepang yang bikin lidah bergoyang. Di dalam budaya Jepang ada istilah yang disebut Shun.

Istilah yang mengacu pada bahan makanan musiman. Akan tetapi, shun bisa diartikan secara lebih luas dessert masuk ke dalam Shun. Nah, di Jepang ada sejumlah dessert yang cocok dinikmati di bulan-bulan musim dingin di Jepang.

Berikut review 5 desert khas Jepang yang bikin lidah bergoyang :

1. Oshiruko (Zenzai)

Saat cuaca sedang turun dan suhu menjadi sangat dingin, paling enak menyantap semangkuk oshiruko atau zenzai panas. Oshiruko adalah dessert yang terbuat dari kacang azuki, mochi, shiratama dango dan dicampurkan ke dalam sup panas. Kombinasi dango yang gurih dan kenyal dengan kacang azuki yang manis menciptakan rasa yang lezat.

2. Manjyu

Manjyu merupakan salah satu wagashi klasik yang mempunyai bagian luar lembut dan lengkap. Terbuat dari campuran tepung, bubuk beras, soba, kudzu (garut Jepang), dan diisi dengan berbagai isian yang lezat. Khusus musim dingin, manjyu biasanya diisi dengan chestnut, sedangkan di Kyoto, adonan manjyu dicampur dengan sake dan diisi dengan isian pasta kacang manis.

3. Fondu Coklat Matcha

Dessert manis satu ini merupakan penganan fusion yang populer di Jepang. Fondu Cokelat Matcha terinspirasi dari chocolate fondue asal New York. Di Jepang, penganan manis ini diberi tambahan bubuk matcha. Rasa khas matcha berpadu dengan cokelat putih. Penganan ini menjadi padanan yang tepat dengan kue atau potongan buah.

4. Yaki-Imo

Imo adalah ubi Jepang. rasanya manis dan legit serta mempunyai aroma yang khas. Sama seperti ubi kebanyakan, imo bisa dipanggang atau direbus. Di musim dingin, restoran di jepang banyak yang menyajikan penganan berbahan dasar imo, seperti puding atau es krim.

5. Uguisu Mochi

Uguisu mochi adalah salah satu wagashi klasik Jepang. Sudah ada sejak zaman Edo, dessert satu ini memiliki bentuk yang lucu seperti burung kicau semak Jepang. Uguisu mochi biasa disajikan di akhir musim dingin dan menjelang musim semi. Mochi klasik ini mempunyai isian bubuk kedelai hijau dan kacang azuki.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here