Sunday, 16 June 2024
HomeKota BogorRS Azra Bogor Gelar Donor Darah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan!

RS Azra Bogor Gelar Donor Darah, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan!

Bogordaily.net– Banyak sekali manfaat untuk kehidupan, tak melulu soal diri sendiri melainkan orang banyak. Menjadi sukarela secara teratur merupakan langkah sederhana untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Pukul 08.00 WIB, pada Rabu 21 September 2022 nanti, Rumah Sakit (RS) Azra akan menggelar bersama Palang Merah Indonesia (PMI) di Ruang Diklat, Gedung B, Lantai 1, Rumah Sakit Azra di Jalan Pajajaran No.219, RT.02/RW.11, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, kegiatan di RS Azra ini dibatasi hanya untuk 60 kantong.

Melansir dari website Rumah Sakit Azra, manfaat bagi penerima diantaranya bisa menyelamatkan tiga nyawa, membantu korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah, membantu pengobatan berbagai penyakit, membantu pasien yang menjalani operasi besar

Untuk pendonor sendiri dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan risiko kanker dan juga membantu pembentukan sel-sel darah merah baru.

Flayer Kegiatan di Rumah Sakit Azra, pada Rabu, 21 September 2022. (Foto: Istimewa/Bogordaily)

Bagi Anda yang ingin melakukan , Anda harus memenuhi kriteria ini sebelumnya yaitu usia 17 sampai 65 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100, kadar hemoglobin minimal 12,5 – 17,0 gram/desiliter serta frekuensi maksimal 5 kali setahun atau berjarak minimal 3 bulan.

Rumah Sakit (RS) Azra Bogor juga memberikan panduan penting sebelum melakukan yaitu hindari makanan berlemak, minum lebih banyak dari biasanya, tidur minimal empat jam sebelum donor dan hindari aktivitas fisik berat pada 1 hari sebelum .

Adapun panduan penting sesudah donor darah yakni istirahat selama 10 menit, banyak minum air putih selama 72 jam kedepan, hindari aktivitas berat selama 12 jam, jangan lepaskan plester pada area suntikan selama enam jam kedepan, konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti kacang-kacangan atau daging merah.

Banyak banget kan manfaat donor darah. Untuk info lebih lanjut bisa melalui narahubung di nomer 0813-1454-1876 atau bisa langsung klik di website www.rsazra.co.id.

Untuk Anda yang mau tau informasi seputar kesehatan lebih banyak bisa cek Instagramnya @rsazra, facebook RS AZRA, atau Twitter @rsazra.***

(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here