Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorRudy Susmanto Dorong Pembangunan Huntap di Sukajaya

Rudy Susmanto Dorong Pembangunan Huntap di Sukajaya

Bogordaily.net–  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rudy Susmanto mendorong pembangunan hunian tetap atau huntap di Kecamatan Sukajaya. Rudy dan anggota DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil V) akan menjadikannya salah satu prioritas dan dimasukan pada APBD Perubahan tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Rudy Susmanto usai menerima audiensi sembilan kepala desa di Kecamatan Sukajaya di Ruang Serbaguna DPRD , Kamis, 29 September 2022. Para kepala desa meminta agar pembangunan huntap dianggarkan pada APBD Perubahan tahun anggaran 2022.

Dari hasil audiensi, Rudy mendorong pembangunan huntap dan menjadikan salah satu prioritas. Namun, masih ada dua desa yang terkendala untuk melakukan percepatan tersebut. Kendalanya, kata dia, lokasi bangunan satu desa tersebut masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun dan satu desa lagi masuk ke PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Kepala Desa Kecamatan Sukajaya saat audiensi di DPRD , pada Kamis, 29 September 2022. (Mutia/Bogordaily.net)

“Kita harus segera melakukan kajian. Pertama ini sudah dianggarkan di KUA-PPAS 2023. DPKPP juga dianggarkan Rp120 miliar. Mekanismenya seperti apa belum diputuskan, tadinya pemerintah daerah yang akan membangun,” kata Ketua DPRD Rudy Susmanto kepada Bogordaily.net.

Seperti diketahui, huntap di Sukajaya masih belum terpenuhi. Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DKPP) sudah mengajukan 1.500 sampai 2.000 unit. Namun keputusan itu akan ditentukan besok, Jumat, 29 September 2022 terkait kepastian jumlah dan rencana pembangunan huntap di Sukajaya.

“Intinya harus ada langkah percepatan di APBD Perubahan terkait penanganan bencana, bukan hanya di Sukajaya. Namun, di wilayah lainnya harus ada langkah-langkah taktis,” jelas Rudy.

Rudy menambahkan, Pemerintah selaku pengendali harus betul-betul memikirkan untuk sebuah solusi, karena masyarakat di pengungsian sudah masuk tahun ketiga bahkan ke empat.

Seperti diketahui warga di Kecamatan Sukajaya dan Nanggung, hingga kini belum memiliki huntap pasca longsor dan banjir bandang  pada 1 Januari 2020 lalu.  Sudah dua tahun lebih atau hampir tiga tahun, mereka masih tinggal di hunian sementara (huntara).

Demi memperjuangkan nasib para korban bencana alam yang masih tinggal di hunian sementara, para Kades se-Kecamatan Sukajaya mendatangi DPRD .(Mutia Dheza Cantika/Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here