Rutin Dikonsumi, Manfaat Buah Yuzu Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 12 Sep 2022 21:16 WIB

Rutin Dikonsumi, Manfaat Buah Yuzu Baik Untuk Kesehatan Tubuh


 Manfaat Buah Yuzu. (suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Manfaat Buah Yuzu. (suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Manfaat buah yuzu mungkin masih jarang diketahui, namun yuzu mengandung vitamin C tinggi seperti buah jeruk, lemon, atau jeruk nipis.

Yuzu adalah buah yang tumbuh di Jepang dan sangat populer sebagai bumbu tambahan untuk makanan di Asia Timur. Ketahui kandungan nutrisi buah yuzu, manfaatnya untuk kesehatan, dll.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah yuzu yang bisa Anda peroleh bila mengonsumsinya secara rutin:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukan Anda bahwa buah yuzu mengandung vitamin C seperti buah jeruk? Vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tubuh Anda cukup kuat untuk melawan berbagai infeksi.

Berdasarkan laporan dari Annals of Nutrition & Metabolism, vitamin C dapat membuat Anda sembuh lebih cepat dari infeksi saluran pernapasan dan mungkin juga dapat mencegah pneumonia, malaria, dan diare

2. Melancarkan aliran darah

Sirkulasi darah yang tidak lancar bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan, misalnya stroke atau serangan jantung. Nah, mengonsumsi buah ini secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah yuzu mampu mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lancar dan organ-organ tubuh bisa bekerja secara optimal.

3. Menjaga kesehatan otak

Nutrisi yang terkandung dalam buah yuzu dapat membantu memelihara kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, serta mencegah demensia dan penyakit Alzheimer.

Meski demikian, penelitian ini baru dilakukan pada hewan dan masih perlu dikaji lebih lanjut agar manfaatnya pada manusia bisa dipastikan.

4. Mencegah kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa aktif limonoid pada buah jeruk, termasuk buah yuzu, dapat melawan sel-sel kanker, khususnya kanker payudara, usus besar, dan prostat.

Dalam penelitian lain pada hewan, ditemukan bahwa kandungan flavonoid pada buah ini mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menekan pertumbuhan sel leukemia.

5. Memberikan efek menenangkan

Menggunakan ekstrak buah yuzu sebagai aromaterapi telah terbukti dapat meredakan kecemasan, ketegangan, depresi, kebingungan, stres, hingga depresi. Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa menghirup aromaterapi buah yuzu bisa meningkatkan aktivitas sistem saraf di otak.

6. Mencegah penuaan dini

Paparan sinar UV, pola makan yang buruk, kurang istirahat, kebiasaan merokok, dan sering minum minuman beralkohol merupakan faktor yang dapat mempercepat penuaan dini pada kulit. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, mulailah rutin mengonsumsi buah yuzu.

Antioksidan dalam buah yuzu dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Buah ini juga kerap dimanfaatkan untuk produk kosmetik karena diyakini dapat mencerahkan kulit dan mendorong produksi kolagen yang bisa mencegah keriput.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

2 Desember 2022 - 10:59 WIB

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul
Trending di Kesehatan