Rutin Konsumsi Biji-bijian, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kesehatan · 28 Sep 2022 23:43 WIB

Yuk, Rutin Konsumsi Biji-bijian, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung


 Ilustrasi sakit jantung. (Elements Envato/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Ilustrasi sakit jantung. (Elements Envato/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Tingkat kematian akibat penyakit jantung menurut World Health Organization (WHO) tergolong tinggi. Untuk meminimalisir terserang risiko penyakit jantung tersebut, tentu saja dibutuhkan pola hidup sehat seperti salah satunya rutin mengonsumsi makanan bergizi, contohnya biji-bijian. Dihimpun dari laman Hops.id, menurut ahli gizi, biji-bijian mengandung nutrisi yang mampu memaksimalkan energi.

Biji-bijian juga memiliki kandungan kalium serta magnesium yang berfungsi membantu menurunkan tekanan darah seseorang.  Vitamin B dalam biji-bijian diklaim pula menjadikan metabolisme tubuh berfungsi dengan baik. Lonjakan gula darah seseorang juga dikatakan mampu diminimalisir dengan rutin mengonsumsi biji-bijian.

Karbohidrat olahan, di sisi lain, sangat rendah nutrisi dan serat yang menyebabkan gula darah naik dengan cepat. Departemen Pertanian AS (USDA), di situs resminya, menyarankan agar kamu makan setidaknya setengah dari asupan nutrisi harianmu adalah biji-bijian.

Jika kamu memikirkan whole grain, pasti sering memikirkan beras merah. Namun, belakangan ini semakin banyak jenis whole grain, jadi kamu bisa memilih sesuai selera.

Secara khusus, gandum, yang disebut rajanya biji-bijian, adalah biji-bijian yang direkomendasikan oleh banyak ahli gizi, karena biji-bijian terpilih sebagai salah satu dari 10 makanan super teratas oleh Institut Kesehatan Masyarakat Harvard di Amerika Serikat pada tahun 2019.

Pilihan lainnya untuk menghindari penyakit jantung adalah menggunakan produk gandum utuh, seperti oatmeal atau granola yang terbuat dari gandum, atau pasta gandum utuh atau roti gandum hitam.

Selain makan biji-bijian dan mengonsumsi beberapa makanan tinggi serat, jangan lupa juga untuk rutin berolahraga agar tubuh sehat bugar terhindar dari berbagai macam penyakit mematikan.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gejala Stiff Person Syndrome, Gangguan Saraf Langka yang Diderita Celine Dion

9 Desember 2022 - 12:18 WIB

gejala Stiff Person Syndrome

Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

9 Desember 2022 - 11:43 WIB

Tekanan Darah

Tak Boleh Dianggap Sepele, Ini 5 Gejala Asam Urat

9 Desember 2022 - 10:18 WIB

Gejala Asam Urat

Gandeng PMI Tangerang, RS Murni Teguh Ciledug Gelar Donor Darah

9 Desember 2022 - 09:53 WIB

RS Murni Teguh

Dihantui Rasa Penyesalan, Berikut Cara Mengatasinya

8 Desember 2022 - 23:59 WIB

Aa Dokter Raendi Edukasi Kesehatan Kulit di Bantarjati

8 Desember 2022 - 17:49 WIB

Trending di Kesehatan