Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSebelum Digunakan Untuk Masker, Ketahui Dulu Bahaya Lemon Untuk Wajah

Sebelum Digunakan Untuk Masker, Ketahui Dulu Bahaya Lemon Untuk Wajah

Bogordaily.net – Tahukah kamu, bahwa bahaya lemon untuk , nyatanya belum banyak diketahui orang. Sebab, secara turun temurun, kandungan lemon dipercaya dapat membantu memperbaiki masalah kulit, yang berminyak dan berjerawat.

Lemon juga mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati yang menutupi lapisan luar kulit.Sifat anti bakterinya pun dapat mencegah bakteri berkembang biak di permukaan kulit

Alih-alih membuat kulit sehat, bahaya lemon justru menimbulkan dampak negatif bagi kulit .

Berikut bahaya lemon untuk yang perlu kamu waspadai.

1. Kulit kusam

Sifat asam buah lemon sebetulnya tidak cocok untuk kulit. Kulit cocok dengan pH 4 hingga 5,5. Sementara itu, air perasan lemon ataupun buah lemon sendiri memiliki pH yang tidak bisa ditolerir oleh . Kondisi tersebut malah akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan mudah iritasi.

1. Kulit menjadi lebih sensitif saat terkena matahari

Setelah menggunakan masker lemon, sebaiknya kamu berhati-hati ketika ingin keluar dari ruangan. Pasalnya, kulit kamu malah jadi lebih sensitif dan mudah terbakar. Buah lemon mengandung psoralen yang dapat membuat kulit iritasi. Kulit kamu akan menjadi kemerahan saat terkena sinar matahari.

2. Merusak skin barrier

Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang dapat melindungi diri dari berbagai hal yang dapat merusak kulit, seperti debu, bakteri, polusi, dan radiasi sinar UVA/UVB. Kandungan asam dalam lemon bisa merusak skin barrier. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit lebih rentan terserang bakteri penyebab jerawat, radiasi sinar UVA/UVB, dan iritasi akibat polusi.

3. Menyebabkan flek

Menggunakan air perasan atau buah lemon secara utuh malah akan menyebabkan noda hitam alias flek pada . Kondisi ini kerap dialami oleh pemilik kulit sawo matang. Hal ini disebabkan pigmentasi kulit yang berubah secara drastis. Selain flek, warna kulit menjadi tidak rata.

4. kering

Buat pemilik kulit yang kering, kamu perlu menggunakan lemon seperlunya saja karena buah ini bisa menyebabkan kulit makin kering dan kasar. Lemon yang digunakan dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan rasa perih dan kulit mengelupas.

5. mengalami Peradangan

Lemon mengandung senyawa bernama Furanocoumarins dan Psoralens, sehingga lemon bahaya untuk wajah.

Jika kedua senyawa ini terpapar sinar UV dari matahari, maka mengakibatkan iritasi kulit yang cukup parah, biasanya disebut Phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah jenis reaksi kulit terhadap buah jeruk. Ketika zat jeruk terpapar oleh kulit lalu terkena sinar UV, maka terjadilah reaksi peradangan yang menyebabkan gejala seperti kemerahan, bengkak, dan melepuh.***

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here