Secuil Kisah Masa Silam Situs Tugu Lonceng di Cilebut

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 15 Sep 2022 07:43 WIB

Secuil Kisah Masa Silam Situs Tugu Lonceng di Cilebut


 Tugu Lonceng Terletak di Dekat Stasiun Cilebut, Tepatnya di Jalan Pendidikan, Cilebut Barat, Kabupaten Bogor. (Albin/Bogordaily.net) Perbesar

Tugu Lonceng Terletak di Dekat Stasiun Cilebut, Tepatnya di Jalan Pendidikan, Cilebut Barat, Kabupaten Bogor. (Albin/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Indonesia memiliki banyak lokasi bersejarah yang memiliki berbagai kisah lampau yang tersimpan didalamnya. Salah satu kisah yang menarik yaitu Tugu Lonceng yang berlokasi di kota Bogor.

Situs Tugu Lonceng merupakan salah satu bangunan bersejarah, nyatanya keberadaan situs Tugu Lonceng saat ini jauh dari kata terawat.

Pantauan Bogordaily.net dilokasi terlihat kondisi tugu yang terletak di dekat Stasiun Cilebut, tepatnya di Jalan Pendidikan, Cilebut Barat, Kabupaten Bogor itu sangat memprihatinkan.

Diketahui bangunan setinggi 8 meter tersebut tak tampak layaknya bangunan peninggalan bersejarah.

Meski jaraknya berdekatan dengan stasiun dan jalan besar, mereka yang tidak familiar dengan daerah Cilebut mungkin kesulitan menemukan lokasi Tugu Lonceng.

Letak situs ini tersembunyi dari jalan karena terhalang tembok pembatas di dekat tugu. Belum lagi, akses jalan menuju lokasi banyak ditumbuhi rumput liar dan semak-semak yang cukup rimbun, kondisi bangunan pun alami banyak kerusakan.

Kondisi itu membuat keberadaan Tugu Lonceng sulit ditemukan, khususnya bagi warga pendatang.

Selain itu, di sekitar tugu juga tidak ada sama sekali keterangan yang menjelaskan mengenai sejarahnya ataupun penjelasan bahwa situs ini adalah salah satu cagar alam.

Cerita mengenai asal usulnya hanya bisa diketahui dari sepenggal cerita dari penduduk setempat saja.

Secuil kisah masa silam turut menyelimuti sejarah tugu ini. Namun, hingga sekarang belum dapat diungkap secara pasti kebenarannya.

Menurut salah satu warga yakni Ali, mengungkapkan saat ini kondisi tugu lonceng terlihat seperti tidak terawat dan sudah mulai terlihat akan ada pembangunan perumahan diarea tersebut.

“Udah ga terawat sekarang ajah dibelakangnya kaya lagi mau ada pembangunan,” ucapnya kepada Bogordaily.net

Berdasarkan cerita warga setempat, Tugu Lonceng merupakan bukti penjajahan Belanda. Mengingat dulu daerah Cilebut merupakan perkebunan karet dan banyak warga pribumi yang bekerja di sana.

Tidak hanya terancam hilang secara fisik saja, tetapi kisah bersejarah dari bangunan ini juga akan musnah lantaran minimnya informasi yang diberikan. Padahal tugu ini merupakan salah satu bukti sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan.

(Albin Pandita)

 

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri